Satgas Covid-19 Pusat Apresiasi Isolasi Terpusat Ibu Hamil di Banyumas

Kabupaten Banyumas

Tim pakar pendamping Satgas Covid-19 tingkat pusat mengadakan pendampingan lapangan, untuk melihat perkembangan situasi dan rencana strategis penanganan pandemi di Kabupaten Banyumas. Pada kunjungan ini Tim mengapresiasi Pemkab Banyumas yang melakukan isolasi terpusat bagi Ibu Hamil.

Tim pakar pendamping Satgas Covid-19 tingkat pusat terdiri dari Brigjen TNI AD Iwan Ma’ruf Zainuddin S.E, A Pitoyo Adhi MSc., Ir Gopa Kuswara, M.Eng, dan Diana S.Psi, M.T.T melakukan kunjungan ke Banyumas. Kunjungan ini dilakukan selama 3 hari mulai Rabu (18/8/2021) hingga Jumat (21/8/2021).

Kunjungan diawali pertemuan dengan Formkompimda Kabupaten Banyumas untuk mendapatkan gambaran dari Pimpinan Daerah selaku Satgas Covid-19, mengenai situasi aktual pandemi, strategi dan inovasi satgas Banyumas serta permasalahan dan rencana aksi.

Satgas juga mengnunjungi beberapa titik antara lain posko satgas tingkat kelurahan di Keluarahan Sokanegara Kecamatan PurwokertoTimur, Pusat isolasi terpusat ibu hamil, Puskemas Kalibagor dan RSUD Banyumas. Tim begitu tertarik saat berkunjung di Hotel Tiara yang merupakan tempat isolasi terpusat bagi ibu - ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas.

“Sebanyak 18 orang ibu hamil menjalani isolasi terpusat di Hotel Tiara dan sebanyak 3 orang sudah bisa kembali ke rumah pada hari ini,” kata Bidan Heny

Dimintai tanggapanya Ketua Tim Brigjen TNI AD Iwan Ma’ruf Zainuddin S.E. mengaku baru pertama kali menemukan ada adaerah yang menyiapkan isolasi terpusat bagi ibu hamil. Satgas Covid-19 Nasional, sangat mengapresiasi pengadaan isolasi terpusat bagi ibu - ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas.

“Ini ya sangat bagus, baru sekarang saya lihat karena saya keliling Indonesia dari Bali ga ada yang khusus ya ini lebih istilahnya, lebih istimewa lah, lebih perhatian dari pemerintah terhadap ibu hamil untuk menjaga kesehatan bayinya ya sama ibunya juga, jadi di khususkan. Ya baru Banyumas saya lihat”, katanya.

Bernadetha Nadia Deni Ananda


Kamis, 19 Agustus 2021