Forum Anak Banyumas Diminta Ikut Edukasi Pentingnya Vaksinasi

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Achmad Husein, meminta Forum Anak Kabupaten Banyumas ikut andil dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya program vaksinasi. Hal itu disampaikan Bupati saat memantau pelaksaanaan vaksinasi yang diikuti 100 pengurus Forum Anak Kabupaten Banyumas, Selasa (7/9/2021) di RSUD Banyumas.

Bupati berharap peran Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor saat pandemi Covid-19 ini dapat dimaksimalkan. Hal ini agar informasi terkait penanganan Covid-19 dapat tersampaikan dengan baik kepada anak-anak Banyumas.

Forum anak diharapkan sebagai penghubung aspirasi anak, karena akan lebih mudah komunikasinya, sehingga informasi mengenai kebijakan preventif maupun kuratif dari pandemi Covid-19 dapat diterima dan dipahami dengan baik, kerena disampaikan sesama temannya.

"Saya ingatkan bahwa vaksin Covid-19 bukanlah obat dan bukan pula sesuatu yang sempurna dalam melindungi diri. Vaksin Covid-19 merupakan bagian dari upaya pencegahan dari infeksi Covid-19.
Vaksin memiliki fungsi mendorong pembentukan kekebalan spesifik atau imunitas tubuh agar mampu melawan Covid-19," jelas Bupati

Dengan adanya kekebalan tubuh ini, diharapkan tubuh dapat terhindar dari penularan ataupun kemungkinan mengalami sakit yang berat akibat infeksi virus corona.

"Setelah disuntik vaksin, tubuh akan mengingat virus pembawa penyakit, mengenali, dan tahu cara melawannya. Selama belum ada obat yang definitif untuk Covid-19, maka vaksin Covid-19 menjadi cara yang aman dan efektif, serta penerapan protokol kesehatan (prokes) menjadi upaya perlindungan yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit Covid-19," lanjutnya

Ketua Forum anak Banyumas Muhammad Aditya Ibnu mengatakan Vaksinasi kali ini diikuti sebanyak 100 anak yang terdiri dari 25 anggota Forum Anak Banyumas sedangkan 75 berasal dari pengurus forum anak tingkat kecamatan.

"Kami forum anak Banyumas hari ini mengikuti vaksinasi, sebanyak 100 vaksin untuk forum anak Banyumas 25 anak dan 75 anak dari forum anak kecamatan. Mereka diharapkan menjadi pelopor dan ikut mengedukasi temanya untuk mengikuti vaksinasi," katanya.

Puluhan anak terlihat antusias mengikuti vaksin, dan diharapkan mereka menjadi pelopor dalam kegiatan vaksinasi.


Rabu, 08 September 2021