Babup Sadewo Luncurkan Aplikasi Perusahaan dan Ketenagakerjaan

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO – Wakil Bupati Banyumas meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Perusahaan dan Ketenagakerjaan Banyumas (Sipujamas). Aplikasi ini mengenai informasi perusahaan dan ketenagakerjaan, Selasa (7/9/2021). Aplikasi tersebut untuk mewujudkan big data yang akurat, terbaru, serta dapat dipertanggungjawabkan pada Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi Kepala Dinnakerkop UKM Joko Wiyono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, menyambut baik aplikasi yang diinisiasi oleh Kabid Hubungan Industrial, Susanti Tri Pamuji, S.STP.,M.Si. Menurutnya aplikasi tersebut diharapkan akan terbentuk big data perusahaan dan ketenagakerjaan di Kabupaten Banyumas dengan berbagai perangkat pendukungnya.

"Saya mengharapkan data yang dirangkum dalam aplikasi Sipujamas untuk disinergikan, disinkronkan, dan diharmonisasikan dengan data-data di instansi terkait lainnya. Jangan sampai ada data yang berbeda secara mencolok, yang membuat kita justru menjadi bingung dan sulit dalam mengambil keputusan akibat adanya perbedaan data,” pintanya.

Ia juga meminta Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas untuk lebih aktif jika ingin data yang disajikan Sipujamas benar-benar berfungsi.

Kepala Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas Joko Wiyono menambahkan keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan mengisi aplikasi Sipujamas terutama untuk melihat eksistensi perusahaan tersebut. Salah satunya adalah bentuk layanan yang berkaitan dengan hak-hak pekerja.

"Di setiap perusahaan ada serikat pekerja. Jika nanti datanya sudah masuk ke Sipujamas akan terdeteksi, perusahaan itu ada organisasi mitranya atau tidak ada. Dalam aplikasi Sipujamas juga akan terdeteksi kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di masing-masing perusahaan,” jelasnya.


Rabu, 08 September 2021