Pokdakan Desa Panembangan Cilongok Lakukan Budidaya Mina Padi

Kabupaten Banyumas

Kelompok Pembudidaya Perikanan (Pokdakan) Desa Panembangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas pada musim tanam ini, akan memanfaatkan lahan pertanian mereka untuk dijadikan kolam ikan. Sebanyak 5 blok sepakat akan melakukan kegiatan Mina Padi dilahan sekitar 25 Ha.

Ketua Pokdakan Kridoyuwono Narsono mengatakan petani Desa Panembangan mendapatkan proyek pemulihan ekonomi untuk mina padi 25 hektar dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng.

"Di Desa Panembangan, total ada 95 petani penggarap dibagi dalam 5 blok, yaitu Blok Mina Kridoyuwono, Blok Mina Irbi, Blok Mina Sayudan, Blok Sukan Makmur dan Blok Mina Prayadita" katanya Selasa (24/9/2021).

Narsono menambahkan bahwa akan dilaksanakan penandatanganan kontrak antara DKP dengan Kelompok Kridoyuwono, untuk proyek Minapadi senilai 1 Milyar

"Kebetulan yang mulai dulu adalah Blok Mina Prayadita karena mulai panen padi dulu," tambahnya

Kepala Desa Panembangan Untung Sanyoto sangat mendukung DKP Jawa Tengah yang mendorong para petani dalam memanfaatkan lahan pertanian mereka untuk dijadikan kolam ikan. Pemanfaatan lahan pertanian sembari memelihara ikan dikenal dengan istilah budi daya mina padi.

Penerapan budi daya mina padi sangat bermanfaat dalam menambah penghasilan petani. Selain menunggu masa panen tiba, para petani bisa memelihara ikan di sawah.

"Metode mina padi diharapkan mendongkrak penghasilan petani," kata Kepala Desa Untung Sanyoto.


Rabu, 15 September 2021