Bupati Banyumas Pimpin Upacara HUT ke-61 UUPA

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas, Achmad Husein memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-61 Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) 2021 di halaman Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas, Jumat (24/9/2021). Upacara tersebut diikuti segenap Pegawai Negeri Sipil di lingkungan kantor tersebut.

Bupati Banyumas, Achmad Husein ketika membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil menyampaikan, peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2021 dengan tema "Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional" dimaksudkan untuk melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK), dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas- luasnya bagi rakyat Indonesia, dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta mendorong investasi.

Salah satu tujuan UUCK, kata dia, adalah untuk memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha. Terkait itu, dukungan untuk kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan.

Menteri ATR/BPN menerangkan, hanya ada tiga persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha, yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan dan Detail Tata Ruang (RDTR) yang bersama-sama Pemerintah Daerah harus kita dorong dan percepat penerbitannya.

"Berkaitan soal tata ruang, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographyc Information System Tata Ruang (GISTARU), di antaranya RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Builder, Konsultasi Publik Online, dan Protaru,” kata Husein membacakan.

Disampaikan bahwa, Kementerian ATR/BPN saat ini sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, semangat perubahan ini hendaknya menjadi landasan pegawai di lingkungan Kementerian ATR/BPN untuk dapat menjaga integritas, selalu bekerja keras, inovatif, kolaboratif, dan kreatif dalam menghadapi perubahan organisasi ke depan.

Bupati Banyumas pada kesempatan itu juga menyematkan , secara simbolis tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun kepada pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas.


Jumat, 24 September 2021