Sedekah Mudah Jadi Berkah, Lewat I-Warga

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO – Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein hari ini, Kamis (30/09/2021) me-launching aplikasi iWarga di Pendopo Si Panji Purwokerto. Aplikasi ini digagas oleh relawan iWarga yang bertujuan untuk memudahkan warga berbagi dan bisa langsung di download di Playstore.

Aplikasi iWarga pertama kali diluncurkan di Purwokerto untuk memudahkan warga masyarakat yang ingin melakukan sedekah dan bagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan menggunakan teknologi baru, aplikasi iWarga dibuat untuk menjebatani warga kaya yang membuat 48 juta ton makanan dengan warga kurang mampu yang membutuhkannya dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Pemberi sedekah dapat langsung mendownload, memotret dan bisa menyedekahkan apa saja seperti barang dan makanan. Selain itu juga aplikasi ini bisa untuk sedekah profesi, contohnya ketika tukang cukur ingin bersedekah cukur gratis, tukang becak ingin bersedekah menjemput anak sekolah gratis dan lain sebagainya.

Bupati Banyumas, Achmad Husein mengapresiasi peluncuran aplikasi ini. “Pada prinsipnya adalah ada aplikasi buatan orang Banyumas. Ide nya bagus karena bisa menolong warga yang tidak mampu tetapi membutuhkan dengan cara cuma - cuma dan bagi orang yang berkelebihan bisa memberikan dengan cara mudah tanpa harus kelihatan. Ini adalah sedekah lewat aplikasi. Sedekah dari warga untuk warga yang dikoordinir oleh admin.” katanya

Penggagas Aplikasi Sedekah Online iWarga, Iksanto mengatakan bahwa pihaknya tidak memungut satu persen pun biaya dari pemberi sedekah dan tidak tahu siapa pemberi sedekah serta penerimanya. Jadi aplikasi ini hanya sebagai penghubung/perantara/media saja yang menghubungkan penerima dan pemberi sedekah lewat media online.

“Kita harapkan purwokerto menjadi kota pertama yang memakai IOT (Internet Of Things) dan bisa merambah ke Banyumas dan bisa sampai ke Jawa Tengah. Ini pertama kali aplikasi yang sangat mudah. Dan kita berharap juga makanan berlebih yang ada nantinya masyarakat yang kurang mampu bisa merasakan makan enak” tambahnya.

Aplikasi sedekah online ini bisa memotivasi kepada mereka yang akan bersedekah, terlebih saat ini pandemi Covid-19 yang masih berlanjut banyak orang yang ingin berbagi tetapi karena masih harus berjarak akhirnya aplikasi ini hadir untuk menjebatani pemberi dan penerima sedekah.

Bernadetha Nadia Deni Ananda


Kamis, 30 September 2021