Pramuka SMPN 1 Baturraden Terima Anggota Baru

Kabupaten Banyumas

Gerakan Pramuka Gugus Depan 04.25.41 04.25.42 Pangkalan SMPN 1 Baturraden Kabupaten Banyumas melaksanakan kegiatan penerimaan anggota baru, Kamis-Jumat (28-29/10/2021) di sekitar sekolah setempat. Kegiatan yang dirancang oleh Dewan Penggalang merupakan program pertamanya setelah adanya pandemi covid-19.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Baturraden selaku Mabigus Dra Arsiti M.Pd mengatakan kegiatan pramuka adalah salah satu ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan bakat dan minat serta karakter anak. Karena dalam kegiatan pramuka terdapat berbagai macam-macam kegiatan yang dapat mengembangkan karakter anak seperti cinta tanah air, komunikatif atau bersahabat, disiplin, jujur, mandiri, bertanggung jawab, kerja keras dan berjiwa sosial

“Kegiatan PAB ini mengawali kembali aktivitas kepramukaan di Gugus depan Pangkalan SMPN 1 Baturraden, memberikan kembali warna baru, karena setelah cukup lama baru bisa berkegiatan kembali. Tentunya kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur Protokol kesehatan,” katanya Jumat (29/10/2021).

Harapannya Gerakan Pramuka SMPN 1 Baturraden kembali aktif latihan rutin, berinovasi dan berkreasi meski masih berada di masa pandemi.

Dikatakannya, bahwa bergabung dalam Pramuka banyak manfaatnya antara lain kepemimpinan (leadership), pengambilan keputusan strategik (strategic decision making), tim work yang handal (super team), manajemen dan keberanian berbicara di depan audiens (public speaking).

Pratama SMP Negeri 1 Baturraden Dwicky Rahaf dan Revinasari mengatakan kegiatan akan berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh kelas 7 dan kelas 8.

“Peserta kelas 7 sebanyak sebanyak 279 anak dan kelas 8 sebanyak 280 anak. Kelas 8 baru mengikuti Penerimaan Anggota Baru mengngingat tahun kemarin tidak ada penerimaan anggota baru karena pandemi,” katanya

Peserta mendapatkan materi meliputi selayang pandang tentang gugus depan, pengetahuan kepramukaan, tanda jejak, sandi morse semaphore dan pionering. Kegiatan dilaksanakan disekitar sekolah dengan dibagi beberapa pos, seperti materi kepramukaan, pengenalan seragam dan kelengkapan/atribut Pramuka, baris berbaris, dinamika dan yel-yel Kelompok, fun games, smaphore, talitemali dan lainya.

“Peserta yang telah mengikuti kegiatan mulai awal hingga akhir akan dinyatakan diterima sebagai anggota baru,” pungkas Dwicky dan Revinasari


Jumat, 29 Oktober 2021