Bupati Ikut Kerja Bakti Buat Jalan Menuju Curug

Kabupaten Banyumas

Puluhan orang sedang bekerja bakti membuat jalan menuju Curug Orak-orik Desa Kemutug Kidul Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, Minggu (23/01). Melihat warganya sedang bekerja bakti Bupati Banyumas Achmad Husein sempat menyapa dan mencoba ikut mengambil cangkul dan mencoba beberapa cangkulan. Hal tersebut dilakukan sebelum melakukan panen Ubi Cilembu.

Kepala Desa Kemutug Kidul Kardi Daryanto mengatakan apa yang dilakukan Bupati menjadi penyemangat sekitar 40 orang yang baru bekerja bakti. Kerja bakti tersebut untuk membangun jalan menuju Curug Orak-orik.

"Rencana akan membangun jalan sepanjang 500 meter kali 2 meter untuk mempermudah wisatawan yang akan berkunjung ke Curug Orak-orik," katanya.

Seperti diketahui Curug Orak-orik mempunyai suasana alami pedesaan, dipadukan dengan deras suara air terjun serta kesejukan udara dan jernihnya air pegunungan yang membuat wisatawan betah berlama-lama berada di Curug. Pesona yang mempunyai ketinggian lebih dari 70 meter tersebut, tidak kalah dengan curug lainnya yang sudah banyak dikunjungi wisatawan.

“Ini memang potensi wisata yang masih tersembunyi dan belum terekspose secara luas dari Desa Kemutug Kidul. Dengan akses masuk yang mudah, curug ini diharapkan akan banyak menarik wisatawan dan bisa menjadi potensi wisata yang mendatangkan pendapatan untuk desa dan warga Kemutug Kidul,” lanjut Kardi

Di sekitar lokasi curug juga terdapat goa kecil yang sebagian pintu goa tertutup air terjun. Bagian dalam goa sangat mirip dengan mulut manusia, sehingga perpaduan air terjun dengan goa mungil menjadi pemandangan yang eksotik dan memanjakan mata.

"Selama ini akses jalan menuju curug masih melalui tanah-tanah milik warga dan kondisi jalan juga masih ditata sekedarnya, sehingga jika turun hujan lincin, sehingga akan kita perbaiki," lanjutnya.


Minggu, 23 Januari 2022