Peken Banyumasan : Ajang Kolaborasi Seni dan Kuliner Banyumasan

Kabupaten Banyumas

Banyumas- Acara Peken Banyumas yang diadakan hari, Sabtu (26/2/22) di Kecamatan Banyumas berjalan dengan lancar, Peken Banyumas merupakan sebuah acara yang bertujuan agar masyarakat Kabupaten Banyumas tetap melestarikan Budaya yang ada di Kabupaten Banyumas. Acara ini diselenggarakan oleh DPMPTSP Kabupaten Banyumas, Kecamatan Banyumas dan bekerjasama dengan IT Telkom Purwokerto.

Dalam sambutan Camat Banyumas Oka Yudhistira Pranayudha acara Peken Banyumasan akan diadakan setiap 2 minggu sekali dengan pertunjukan yang berbeda – beda.

“Harapan kami nanti akan menjadi rutin dan nanti yang mengisi dengan sajian yang berbeda – beda setiap 2 minggu sekali itu, dan yang terakhir selamat berkumpul, selamat belanja dan selamat untuk mendengarkan dan menyaksikan sajian lenggar lengger, nanti Pak Bupati juga ingin agar lenger ini menjadi ikon Banyumas Kota Lama” Kata Camat Banyumas.

Dalam Sambutan Kepala DPMPTSP Kabupaten Banyumas Amrin Ma’ruf berharap agar generasi muda menjadi penerus kebudayaan dan ikut melestarikan Kebudayaan Banyumasan ini.

“Disetiap sekolah saya harap ada ekstra kulikuler calung dari teman – teman SD, karena rohnya Banyumas itu lenger, ebeg. Zaman semakin maju tetapi kalau masih ada lengger, ebeg dan budaya lainnya Banyumas tidak hilang. Wujudkan Banyumas Kota Lama sebagai destinasi wisata” ucap Amrin Maruf.

Peken Banyumas juga tidak hanya menyajikan pertunjukan tetapi juga terdapat stand makanan, kerajinan tangan dan alat tradisional untuk mendukung umkm yang ada di Kabupaten Banyumas.

Kemarin (26/2/22) pertunjukan yang disajikan yaitu ada tari lengger dari rumah lengger yang ada di Banyumas, stand – standnya pun menarik ada kerajinan yang terbuat dari plastik yang dibentuk menjadi tas, dompet dan lainnya, kemudian ada es telang dan bunga telang kering dan lain sebagainya. Masyarakat Banyumas juga bisa mengunjungi Rumah Lengger dimana terdapat lukisan yang indah karya Hadi Wijaya, kemudian ada lukisan sang maestro lengger legendaris di Banyumas yaitu Mbah Dariah yang mendapatkan penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masa masih menjabat.


Minggu, 27 Pebruari 2022