Baznas Banyumas Launching Giat Ramadhan dan Ajak Masyarakat Cinta Zakat

Kabupaten Banyumas

Menyongsong datangnya bulan Suci Ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas melaunching giat Amaliyah Ramadhan, Jumat (1/4/2022) di halaman kantornya. Kegiatan tersebut dilakukan secara bersama mulai Baznas tingkat nasional, provinsi hingga kabupaten.

Ketua Baznas Kabupaten Banyumas KH Drs Umar AR bahwa kegiatan Lauching Amaliyah Ramadhan salah satunya adalah momentum untuk peningkatan pengumpulan zakat dan infaq serta sodaqoh. Dengan slogan “Cinta Zakat” yang diumumkan kepada masyarakat. Menurutnya bentuk kegiatan adalah untuk mengumumkan bahwa masyarakat itu sudah masanya mencintai zakat. Karena, manfaat zakat itu ternyata sangat luas sekali, sehingga dengan Ulang Tahun Baznas yang ke-21 tahun ini, berubah modelnya Baznas adalah menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat.

“Diawali dengan Ramadhan ini, mudah-mudahan semangat berzakat para muzakki, para munfiq, para mustahik bisa melaksanakan ibadah zakat infaq dan sodaqohnya yang semuanya dikomandani oleh lembaga resmi, dalam hal ini adalah Baznas. Karena, Baznas sudah dinobatkan sebagai lembaga negara non struktural yang bertugas penuh untuk menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pendistribusian, pendayagunaan sampai dengan manajemennya,” katanya

Umar menambahkan Baznas adalah lembaga resmi yang diatur dalam UU No 23 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2014 dan untuk pegawai negeri khusus dengan Impres No 3 Tahun 2014. Sehingga, untuk Kabupaten Banyumas angka yang kita pasang semakin meningkat.

“Untuk kegiatan hari ini, kita ingin menghibur masyarakat Purwokerto dengan model kenthongan yang kita ambil dari Jatilawang dengan nyanyian-nyanyian yang islami seperti lagu Lir Ilir dan sebagainya. Pada kegiatan launching ini, kita lihat Nampak banyak ini dari relawan Baznas Kabupaten Banyumas yang bertugas untuk admnistrasi, BTB maupun LAB dan kita kumpulkan hari ini untuk bersama-sama memahami bahwa tugas kita di Ramadhan adalah program pengumpulan yang totalitas.” Lanjutnya

Sementara Kepala Pelaksana Baznas Kabupaten Banyumas Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I selain pengumpulan zakat pada Bulan Ramadahan ini Baznas Kabupaten Banyumas akan melaksanakan berbagai kegiatan amaliyah ramadhan antara lain Takjil On The Roadyait Pemberian takjil kepada masyarakat Banyumas di 8 titik selama bulan Ramadhan. Kemudian ada BAZNAS Menyapa yauitu kegiatan dalam bentuk memberi apresiasi kepada muzakki yang selama ini berzakat melalui Baznas. Gerai Zakat diakukan Baznas di tempat publik sebagai sarana sosialisasi agar masyarakat lebih mengenal baznas dan cinta zakat.

“Gerakan Cinta Zakat diawali Gerakan pembayaran zakat serentak oleh pejabat/pemerintah daerah,” katanya

Selain itu juga ada kegiatan Bisyaroh Untuk Guru Ngajiku yaitu insentif kepada 100 Guru Madin dan 100 Guru TPQ. Ada juga Voucher Muallaf yaitu bantuan untuk mualaf yang akan dilakukan di RITA mall.

“Selanjutnya juga ada Buka Puasa Bersama Lansia Dhuafa Bantuan Buka Puasa kepada lansia dhuafa bekerjasama dengan PPSLU Sudagaran, Banyumas, Bingkisan Ramadhan untuk Lansia Bingkisan Lebaran berupa pakaian lebaran kepada 100 lansia penghuni PPSLU Sudagaran,” terangnya

Baznas juga akan memberikan bantuan Buka Puasa kepada 3 pondok pesantren penghapal Al Quran di Banyumas, kemudian menberiukan bingkisan Ramadhan kepada Santri Penghafal Al Qur'an serta bingkisan lebaran berupa pakaian lebaran kepada 300 santri penghapal Al quran.

Kepedulian Baznas kepada Kiai akan diwujudkan dalam kegiatan Baznas Sowan Kyai,dedengan melakukan road show baznas ke 10 kyai besar di Kabupaten Banyumas, sekaligus melakukan kegiatan bisyaroh untuk 100 kyai kampung non Ponpes se Kabupaten Banyumas, santunan Marbot Masjid berupa bisyaroh kepada 662 marbot masjid/mushola se Kabupaten Banyumas.

Baznas juga akan memberikan bantuan sembako untuk jompo dhuafa masing masing desa kurang lebih 4 paket, dengan total paket sembako sebanyak 1655 untuk jompo se-Kabupaten Banyumas


Sabtu, 02 April 2022