Menjadikan Ramadhan Semakin Menarik, Remaja Takom Berlatih Aquaponik

Kabupaten Banyumas

Takmir Masjid Sa'ad Al-Ahmadi membuat variasi kegiatan di bulan suci Ramadhan. Masjid yang terletak di Grumbul Takom, RT 09 RW 02, Desa Karanggintung, Kecamatan Sumbang, menyelenggarakan Pelatihan Aquaponik (Budidaya Ikan di dalam Ember) pada Minggu (17/4).

Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Sekretaris Kelompok Ikan Jangkar Belet,  Sodiq Iswahyudi, yang merupakan warga setempat. Ia menghimbau agar anak-anak sejak dini bisa berlatih memelihara ikan dengan cara sederhana dan mudah. Terlebih, sebagian warga Takom memliki usaha kolam ikan.

"Teman-teman semua bisa memulai membuat budidaya ikan ini dari kaleng cat kecil, nanti diisi ikan lele 5 ekor. Nanti kalau sudah biasa, ditambah lagi volume ember dan jumlah ikannya," katanya memberi motivasi.

Pelatihan ini diikuti oleh anak-anak dan remaja dari Takom dan sekitarnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan teknik budidaya ikan yang mudah, yaitu di dalam ember.

Di atas ember, ditanami sayuran dengan media tanah atau arang. Tentu ini memudahkan setiap rumah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari sayur dan ikan.

"Bisa diterapkan disetiap rumah. Agar swasembada pangan minimal ada sayuran dan ikan nya," ujar Muhammad Iqbal, Ketua Takmir Masjid.

Pelatihan Aquaponik merupakan rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan yang diselenggarakan oleh Masjid Sa'ad Al-Ahmadi. Setiap minggunya, kegiatan beragam dan menarik. Hal ini juga bertujuan agar anak-anak dan remaja khususnya menjadi lebih tertarik datang ke masjid.

Fuddin


Minggu, 17 April 2022