SD QITA Pentas Drama Kolosal dan Berbagi Sembako Sambil Ngabuburit

Kabupaten Banyumas

SD Qaryah Thayyibah Purwokerto (SD QITA) menyelenggarakan kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an dan Buka Bersama pada Rabu (27/4) sebagai kegiatan akhir sekolah sebelum libur lebaran. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 1 sampai kelas 6 dan juga dihadiri oleh Ketua Unit Pendidikan Yayasan Qaryah Thayyibah Purwokerto, Nina Nuraeni, serta Kepala SMP QITA, Tofik Hidayat.

Kegiatan dimulai pada pukul 15.00 dengan sholat ashar secara berjamaah. Lalu, dilakukan pembagian sembako kepada warga sekitar sekolah, RT 05 RW 02 Desa Karangsalam Kidul, Kecamatan Kedungbanteng. Ada 53 warga yang hadir dalam segmen kegiatan yang bertema 'Anak SD QITA Senang Berbagi'. Kelas 6 menjadi petugas registrasi dan penyerahan sembako dengan didampingi Kepala Sekolah, Cecep Supriatno.

"Anak-anak kelas 6 ini sambil latihan ya bapak, ibu. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah hadir ke SD QITA. Semoga ini bisa merekatkan tali silaturrahim dengan warga sekitar," ujarnya dalam penyambutan.

Kemudian, dilanjutkan dengan pementasan drama kolosal 'Perang Badar'. Peristiwa ini diambil sebagai lakon drama karena waktu terjadinya peristiwa ini sama dengan diturunkannya Al-Qur'an (Nuzulul Qur'an), yaitu 17 Ramadhan. Kelas 4,5,6 dan para guru menjadi para pemain. Sedangkan kelas 1,2 dan 3 menjadi penonton sambil mempelajari peristiwa yang dipentaskan di halaman sekolah itu.

Acara ditutup dengan buka bersama dan sholat maghrib berjama'ah. Para siswa terlihat antusias dan menikmati momen ngabuburit yang seru dan tidak membosankan. Terlebih, di penghujung acara dibagikan doorprize bagi semua kelas.

"Selamat berlibur teman-teman. Sampai jumpa setelah lebaran. Tetap semangat belajar dan ibadah ya," pesan kepala sekolah kepada siswa sebelum pulang.

(Fuddin)


Kamis, 28 April 2022