Bupati Banyumas Deklarasikan Banyumas Sebagai Kabupaten ODF 2022

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO - Bupati Banyumas resmi deklarasikan bahwa masyarakat Kabupaten Banyumas telah terbebas dari perilaku buang air besar di sembarang tempat serta siap meningkatan perilaku hidup bersih dan sehat. Deklarasi tersebut disampaikan pada acara Deklarasi Kabupaten ODF (Open Defecation Free) tahun 2022, Kamis (19/05/2022) di Pendopo Sipanji Purwokerto.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah dinas dan camat di Kabupaten Banyumas. Selain itu, hadir pula secara virtual, dr. Wahyu Setianingsih selaku perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa tengah. Beliau memaparkan bahwa dengan resminya Banyumas sebagai kabupaten/kota ODF, maka semakin bertambahlah jajaran kabupaten/kota ODF di Jawa Tengah.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.  “Tidak mudah untuk mencapai ODF. Perlu komitmen luar biasa dan waktu bertahun-tahun,” tutur Dr. Wahyu Setianingsih.

Beliau juga menyampaikan ada beberapa hal yang masih menjadi PR dan perlu diperhatikan bersama oleh masyarakat Banyumas. Pertama yaitu untuk mempertahanan kondisi “Stop Buang Air Besar Sembarangan” yang sudah dicapai. Kedua, perlu ditingkatkannya akses jamban yang sehat dan aman serta membudayakan perilku hidup bersih dan sehat secara berkesinambungan. Kemudian, menumbuhkan semangat gotong royong dan kemandirian masyarakat demi terwujudnya akses universal. Terakhir, perlunya meningkatkan kualitas akses sanitasi mengingat angka keluarga di Banyumas yang masih berbagi sanitasi masih tinggi.

Dalam acara tersebut juga sempat disinggung mengenai cita-cita Kabupaten Banyumas untuk menjadi Banyumas Kabupaten/Kota Sehat di tahun 2023. Melalui sambutannya, Bupati Achmad Husein, menyerukan agar semua komponen ikut berperan serta dalam mempertahankan ODF dan mewujudkan  Banyumas Kabupaten/Kota Sehat. “Menghadapi target 2023, untuk menjadi Banyumas Kabupaten Sehat, bukan perkara yang mudah tetapi bukan juga perkara yang sulit. Asalkan kita kompak, insyallah akan tercapai,” jelasnya.

 


Kamis, 19 Mei 2022