24 Pramuka Banyumas Berhak Menyandang Brevet Ubaloka

Kabupaten Banyumas

Sekretaris Kwartir Cabang Banyumas Wahyu Handoko menutup secara resmi serangkaian kegiatan upgrading dan pembrevetan bagi Anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwarcab Banyumas Minggu (17/07/2022) di Telaga Kumpe Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok. Brevet Ubaloka diserahkan sebagai tanda kualifikasi kemampuan dari anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Pembrevetan dilakukan oleh Sekretaris Kwartir Cabang Banyumas Wahyu Handoko. Dalam sambutannya Handoko berpesan agar anggota Ubaloka Kwarcab Banyumas senantiasa berkomitmen bersama untuk selalu siap sedia membantu sesama dalam kondisi apapun.

Sementara Komandan Ubaloka Rachman Maulana mengatakan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) adalah wadah kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega untuk menyalurkan, mengarahkan, membina dan mengembangkan potensi Gerakan Pramuka khususnya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berminat dan berkemampuan dalam usaha pertolongan dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya.

"Kegiatan Pembrevetan Anggota Ubaloka Kwartir Cabang Banyumas Angkatan XX diikuti oleh 24 Anggota Ubaloka yaitu 14 Putra dan 10 Putri," katanya.

Mereka berhak mengenakan brevet setelah melalui pendidikan dan pelatihan, gladi tangguh dan penugasan pertolongan dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya. Pada kegiatan pembrevetan ini kegiatan mulai digelar Sabtu 16 Juli 2022 hingga Minggu 17 Mei 2022 meliputi Pengujian Water Rescue, Pengujian Navigasi Darat, Survival, dan MFR.


Senin, 18 Juli 2022