Kwarran Sokaraja Gelar Jambore Ranting

Kabupaten Banyumas

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Sokaraja menyelenggarakan Jambore Ranting SD/MI Tahun 2022, Sabtu (23/7) di lapangan Desa Kedondong Kecamatan Sokaraja. Kegiatan Jambore dibuka oleh Anggota Majlis Pembina Ranting (Mabiran), Kepala Kepolisian Sektor Sokaraja, AKP Soetrisno, S.H. Turut hadir Komandannya Koramil 04 Sokaraja, Koordinator Korwilcam Dindik Sokaraja, Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja, dan Ketua Majlis Pembina Gugusdepan SD/MI se-Sokaraja.

Ketua Kwarran Sokaraja, Slameto Hadi mengatakan kegiatan diikuti oleh Pramuka Penggalang yang terdiri dari 34 regu putra dan 36 regu putri dari pangkalan SD/MI negeri dan swasta Se Kwarran Sokaraja.

"Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik golongan penggalang serta menjalin persaudaraan dan silaturahmi antar pangkalan setelah pandemi. Materi kegiatan terbagi menjadi dua, giat prestasi dan giat persaudaraan. Giat Prestasi meliputi: Pengetahuan Umum Pendidikan Kepramukaan (PUPK), Peraturan Baris-berbaris, dan Scouting Skill. Sementara, Giat Persaudaraan meliputi: Dinamika Kelompok, Tata tertib Lalu lintas, Tanaman Obat Keluarga (Toga), Pakaian Seragam, Scouting Skill Semboyan (Semaphore), dan Bumbung Kemanusiaan," kata Slameto Hadi.

Ketua Kwarran menambahkan bahwa ada beberapa materi kegiatan Jambore, sempat berpindah tempat ke SDN Kedondong karena turun hujan. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama sehingga kembali ke lapangan seperti semula.

"Peserta dan pembina peserta kelihatannya meridukan kebersamaan kekeluargaan seperti sebelum pandemi. Seluruh kegiatan berjalan lancar dan gerimis tidak membuat surut semangat peserta untuk terus mengikuti dan menyelesaikan kegiatan hingga pengumuman hasil dan upacara penutupan," tambah Slameto Hadi.

Untuk memberikan motivasi kepada peserta ada beberapa materi kegiatan yang dilombakan. Diakhir kegiatan, terpilih regu tergiat dari masing-masing regu putra dan putri yaitu Pangkalan SDN 1 Karangnanas berhasil menjadi Juara Umum Regu Putra, sedangkan Juara Umum Regu Putri diraih oleh SDN Wiradadi.

Humas Kwarran Sokaraja


Minggu, 24 Juli 2022