Sako Maarif NU Kwarcab Banyumas Siap Gelar Pergamacab

Kabupaten Banyumas

Dalam rangka peningkatan dan mengukur kualitas pendidikan Pramuka Penggalang di Gugusdepan SMP/MTs Ma’arif, Gerakan Pramuka Satuan Komunitas (Sako) Ma’arif NU Kwartir Cabang Banyumas akan menggelar Perkemahan Penggalang Ma’arif Cabang (PERGAMACAB) Tahun 2022. Kegiatan akan digelar tanggal 12-14 Agustus 2022 di Lapangan Desa Sokawera Kecamatan Cilongok

Ketua Sako Ma'arif NU Kwartir Cabang Banyumas Musmuallim M.Pd.I mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk mempersiapkan Generasi Emas Indonesia agar memiliki kepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa Pancasila, disiplin, sehat mental, moral, fisik, patriotis, berkemampuan untuk berkarya dengan semangat kemandirian, bertanggung jawab, peduli, serta komitmen terhadap Kode Kehormatan Pramuka dilandasi paham Ahlusunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah.

“Perkemahan Penggalang Ma’arif Cabang atau Pergamacab Tahun 2022 bertujuan mengembangkan Pramuka Penggalang SMP/MTs Ma’arif maupun yang berafiliasi Ma’arif di Kabupaten Banyumas sebagai Generasi Emas Bangsa Indonesia yang berkarakter Pancasila dan berpaham Ahlusunnah wal Jama’ah” katanya Rabu (27/7/2022).

Ia berharap penggalang Sako Maarif yang memiliki slogan Milenial, Agamis, Nasionalis, Inovatif, dan Sukses (MANIS) tersebut dapat mengikuti kegiatan ini.

Sementara Ketua Panitia Juanda, M.Pd.I mengatakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada Pergamacab Tahun 2022 berpedoman pada SKU Penggalang Ramu, Rakit dan Terap terintegrasi paham Ahlusunnah Wal Jama’ah.

“Materi Pergamacab Tahun 2022 terdiri dari giat umum, giat wawasan, giat lomba, giat wisata dan giat bakti,” katanya

Giat umum terdiri dari upacara pembukaan, ta’aruf, ibadah, olahraga, apel pagi, apel sore, api unggun dan penggalang bersholawat dan upacara penutupan. Sedangkan giat wawasan terdiri dari penyuluhan bahaya narkoba (BNN) dan literasi digital dari LTN NU

“Sementara untuk giat lomba yang kita rencanakan adalah lomba administrasi, reportase, hasta karya, K3 perkemahan, pentas seni, hadrah klasik, wide game, semaphore, morse, pbb, yel-yel dan menaksir. Karena sifatnya lomba nanti ada penghargaan untuk pemenang,” tambah Juanda.

Selain itu juga akan diadakan giat bakti berupa pengecatan Musola, bumbung kemanusiaan, bakti sosial dan bersih lingkungan.


Rabu, 27 Juli 2022