HUT HIMPAUDI, Husein Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter

Kabupaten Banyumas

Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Banyumas adakan Seminar Parenting dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Himpaudi ke-17 Rabu, (10/8) dengan tema Tulus Mengabdi, Teguh Berjuang, Solid Bergerak untuk Hak Profesi Guru PAUD. Acara yang digelar di GOR Sasana Krida Satria Purwokerto ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bunda Paud Kabupaten Banyumas, Erna Husein, dan didampingi oleh Ketua PP Himpaudi Pusat, Netty Herawati serta wakil ketua DPRD Banyumas, Supangkat.

Seminar tersebut dibuka oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein. Dalam sambutannya, Bupati menhimbau tenaga pendidik dan para orangtua untuk lebih menekankan kepada pendidikan karakter.

"Yang diharapkan adalah anak-anak kita mempunyai dasar watak yang mulia, berani, jujur dan bertanggung jawab. Contoh nampaknya adalah belajar mengantre. Karena ciri sebuah bangsa itu maju adalah jika ada antrean tidak ada yang mendahului," Ucap Husein.

Menurutnya, didikan orangtua dan tenaga pendidik dalam hal mengantre saja sudah merupakan ciri khas suksesnya pendidikan PAUD di Banyumas.

Husein juga menghimbau agar anak-anak dididik untuk menghargai orang lain. Baik itu karya, prestasi, maupun penampilan. Dengan tidak menghina, mengejek, mengolok-olok, atau membully karya orang lain, maka akan menjadi bangsa yang besar.

Selain itu, Bunda PAUD Kabupaten Banyumas, Erna Husein dalam sambutannya menyinggung terkait implementasi kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini yang merupakan program baru dari Kementrian Pendidikan Indonesia. Menurutnya merdeka belajar bagi PAUD berarti Merdeka Bermain.

Senada dengan Bupati Banyumas, Bunda PAUD kabupaten Banyumas juga menghimbau agar pendidikan diusia 0-8 tahun pembelajaran karakter lebih ditekankan, sesuai dengan karakteristik kurikulum merdeka belajar pada PAUD. Yaitu lebih menguatkan kegiatan bermain yang bermakna sebagai proses belajar, menguatkan relevansi PAUD sebagai pondasi pengembangan karakter dan kesiapan anak bersekolah pada jenjang selanjutnya serta menguatkan kecintaan pada dunia literasi sejak dini.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh Tari Geol Mas yang dilakukan oleh lebih dari 1000 guru PAUD se-Kabupaten Banyumas bersama Bupati Banyumas, Bunda PAUD Kabupaten Banyumas, Ketua Himpaudi Pusat, Ketua Himpaudi Banyumas, Wakil Ketua DPRD serta jajaran Forkompinda.


Kamis, 11 Agustus 2022