Kwarran Kebasen Gelar Gladian Pimpinan Regu

Kabupaten Banyumas

Kwartir Ranting (Kwarran) Kebasen menyelenggarakan kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru), Rabu 24 Agustus 2022 di Sanggar Bakti Pramuka Kwarran Kebasen. Kegiatan diikuti sebanyak 24 pemimpin regu atau wakil pemimpin regu penggalang tingkat SMP/MTs di Kwarran Kebasen.

Ketua Kwarran Kebasen Warsono mengatakan Dianpinru kali ini diikuti Pemimpin Regu dari SMP Negeri 1, 2 dan 3, SMP Muhammadiyah, SMP PGRI dan MTs Ma'arif NU yang berjumlah 24 pemimpin regu penggalang yang terdiri dari 12 Penggalang putra dan 12 penggalang putri. Metode dalam kegiatan ini adalah teori dan praktek yang meliputi kegiatan scouting skill upacara pembukaan dan penutupan latihan pramuka serta kegiatan guna menuju ke kegiatan LT II Kwarran Kebasen.

"Dianpinru adalah salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan khususnya penggunaan sistem beregu dalam pasukan penggalang. Dianpinru merupakan sarana pemberian Gladian atau latihan bagi pemimpin regu dan wakil pemimpin regu," kata Warsono

Ia menambahkan Dianpinru juga sebagai sarana bagi para pembina Pramuka dan pembantu pembina Pramuka untuk menerapkan sistem Among yaitu memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu untuk bersama-sama belajar mengelola dan memimpin regunya.

"Tujuan dari Dianpinru adalah untuk membentuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang baik dan cakap yang kedua mendorong para pembina Pramuka dan pembantu pembina Pramuka menerapkan sistem Among dan sistem beregu sebaik-baiknya," tambahnya

Bentuk dari kegiatan Dianpinru kali ini dilaksanakan tanpa bermalam.

Didit Ariyanto Arifin, S. Ag


Kamis, 25 Agustus 2022