Bupati Husein Minta DKKB Hidupkan Kesenian Banyumas

Kabupaten Banyumas

Purwokerto - Bupati Banyumas Ir Achmad Husein meghadiri pementasan wayang dalam acara “Pitulasan Munggah Pendhapa” yang digelar di Pendopo Sipanji Purwokerto, Jumat Malam (26/08/22). Dua dalang muda tampil dalam pagelaran wayang ini, yaitu Dalang Ki Panji Laksono membawa lakon “Lutung Kasarung” tentang Babad Pasirluhur dan Ki Candra Widyasmoro membawakan lakon “Babad Alas Mertani”.

Tak hanya Bupati Banyumas, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Budhi Setiawan dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB) Drs Sadewo Tri Lastiono juga turut hadir dalam pagelaran wayang ini.

Ketua DKKB Sadewo mengatakan pagelaran wayang ini merupakan acara ketiga yang diselenggarakan DKKB dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Republik Indonesia. Dua diantaranya adalah Festival Ebeg di Desa Cindaga dan Pameran Seni Rupa Ikatan Pelukis Banyumas di Taman Tesda.

Bupati Husein sangat mengapresiasi adanya pagelaran wayang ini, terlebih terdapat lakon kreasi baru yakni Lakon Lutung Kasarung. Ia meminta kreatifitas seperti ini terus dikembangkan sehingga lebih menarik.

“Inilah yang sebetulnya harusnya terus kita gali dan kembangkan seperti ini tadi Lutung Kasarung” jelasnya.

Husein juga meminta DKKB untuk menghidupkan kesenian di Banyumas untuk masyarakat.

“Itu harusnya DKKB bagaimana caranya paling tidak setiap sabtu minggu itu ada tontonan tetap,” ujarnya.

Sebelum pagelaran wayang dimulai, Bupati Banyumas didampingi Ketua DKKB dan Ketua DPRD Kabupaten Banyumas menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba untuk kategori peang penjol, kentongan dan mobil hias yang telah diadakan sebelumnya.

Selain pagelaran wayang, acara ini juga diramaikan dengan Lawak Banyumasan Braham Somad, Musikalisasi Puisi Gethekustik, Kenduren sajak seniman-seniman koplak Banyumas, dan Tari-tarian khas Banyumas.

Nanda Amallia


Sabtu, 27 Agustus 2022