Korps Sukarela PMI Unsoed Purwokerto Gelar Webinar Nasional

Kabupaten Banyumas

Korps Sukarela (KSR) PMI universitas Jenderal Sudirman Purwokerto mengadakan “Webinar Nasional Kenali Strategi yang Tepat dalam Pelaksanaan Improvised First Aid dalam Situasi Darurat" Sabtu 27 Agustus 2022. Kegiatan bertujuan untuk mengedukasi kepada para relawan agar mempunyai kemampuan merespon secara efektif pertolongan pertama dalam situasi krisis.

"Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi kepada para relawan di masyarakat luas, untuk mempunyai kemampuan merespon secara efektif pertolongan pertama dalam situasi krisis," kata Ketua panitia kegiatan Eka Fatimatuzahro.

Pengurus Bidang Diklat dan PMR, PMI Kabupaten Banyumas, Ir'syam Prihadi mengucapkan salut dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pembina dan KSR Unsoed Purwokerto yang telah berperan aktif untuk mengedukasi masyarakat luas terutama dalam hal melakukan pertolongan pertama dalam situasi darurat.

"Tujuan pertolongan pertama yang menjadi prioritas adalah jiwa, selanjutnya bertujuan membantu mengurangi cidera dan penderitaan serta meningkatkan bantuan hidup dasar sehingga pelatihan tentang pertolongan pertama harus terbuka dan dapat diakses utk semua orang, sehingga kemampuan masyarakat awam dalam melakukan improvisasi pertolongan pertama dapat efektif," katanya.

Sementara pembicara webinar nasional Edi Purwanto, yang juga merupakan First Aid and Disaster Management Traineer dan tim penulis Buku Pertolongan Pertama, serta relawan PMI Banjarnegara, menyampaikan bahwa sesungguhnya naluri menolong dan kebutuhan ditolong sudah ada sejak adanya manusia.

"Dalam situasi darurat, masyarakat yang akan melakukan pertolongan bencana harus bersikap tenang, hati hati,
memahami masalah, memahami tindakan kunci dan memprioritaskan, memahami pedoman penanganan, mengenali apa saja yang dapat diakses di lingkungannya dengan tetap menggunakan kaidah yang ada, penanganan sesuai rantai perilaku mempertahankan hidup (chain of survival behaviours)," jelasnya


Sabtu, 27 Agustus 2022