Gebyar PAUD Banyumas Jadi Ajang Unjuk Kreatiifitas Anak

Kabupaten Banyumas

Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Banyumas menggelar Gebyar PAUD 2022 yang diikuti oleh ratusan anak PAUD di Kabupaten Banyumas. Gebyar PAUD 2022 diselenggarakan Selasa 30 Agustus 2022 dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional sekaligus memperingati HUT Himpaudi Kabupaten Banyumas ke-17 tahun dengan mengusung tema “Semarak Aksi Anak Hebat, Mandiri Kreatif dan Beprestasi”. .

Pada kegiatan ini anak-anak PAUD di Kabupaten Banyumas menunjukkan kreativitas dibidang menari, bercerita menindahkan bola, menyusun balok dan lainya. Tak hanya itu, juga ada lomba untuk para pendidik yaitu lomba gamber serti dan cipta lagu anak-anak. Sebelum lomba dimulai semua peserta bersama pendamping, bersama-sama mengikuti “Tarian Geol Mas” bersama Bupati Banyumas Achmad Husein.

Ketua Himpaudi Kabupaten Banyumas Ina Yukawati mengatakan Gebyar PAUD 2022 ini merupakan ajang kreasi anak-anak PAUD di Kabupaten Banyumas yang diikuti 270 anak perwakilan dari 27 kecamatan. Mereka terlihat percaya diri berkreasi menampilkan tarian, nyanyian dan sebagainya di depan umum.

Menurut Ina, dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan di Hari Anak Nasional, Kabupaten Banyumas menunjukkan komitmennya menjadi Kabupaten layak anak dan ramah anak.

"Di Hari Anak Nasional (HAN) 2022 dan Peringatan Himpaudi ini, semua jajaran Himpaudi Kabupaten Hingga kecamatan menunjukkan kepeduliannya dalam tumbuh kembang dan perlindungan anak dengan salah satu kegiatan penyelenggaraan Gebyar PAUD 2022," ujar Ina

Ia berharap, dengan berbagai event tersebut, tumbuh kembang anak-anak di Kabupaten Banyumas optimal, semua elemen masyarakat juga dapat terlibat dalam tumbuh kembang anak, termasuk keluarga. Karena keterlibatan keluarga merupakan lembaga pertama dan utama dalam pendidikan karakter anak.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein yang ikut hadir, mengapresiasi upaya Himpaudi Kabupaten Banyumas dengan membuat kegiatan positif yaitu unjuk bakat dan kreativitas anak.

"Saya sangat mengapresiasi Himpaudi Banyumas yang telah menyelenggarakan kegiatan positif ini, dimana anak-anak bisa mengekspresikan kemampuannya baik dalam bidang menari, bercerita, memindahkan bola, menyusun balok dan lainya," katanya.

Menurutnya, event ini bisa menjadi ajang kreativitas dan berkreasi bagi anak-anak, sekaligus ajang komunikasi bagi para pendidik dan ibundanya sehingga bisa bertukar pengalaman dalam tumbuh kembang anak. Kegiatan semacam ini menurut bupati dirasa penting, karena anak-anak ini butuh ruang untuk menampilkan ruang kreasi mereka.

“Di PAUD dan sekolah mereka telah diajari pengetahuan, keterampilan, adat dan budaya, sehingga ada saatnya perlu ditampilkan dan ini wadahnya. Dengan kegiatan ini akan timbul rasa percaya diri, interaksi dan unjuk bakat anak dengan teman-temannya " pungkas Husein.


Selasa, 30 Agustus 2022