Banyumas Segera Launching Portal Satu Data

Kabupaten Banyumas

Pemerintah Kabupaten Banyumas akan segera meluncurkan Portal Satu Data, sebuah laman resmi yang akan menjadi media “one stop service,” dan sumber rujukan utama dimana masyarakat dapat mengakses berbagai data dan informasi baik dari perangkat daerah, instansi vertikal, BUMN/BUMD, perbankan, Perguruan Tinggi dan lembaga lainnya di Kabupaten Banyumas.

Demikian salah satu hasil pertemuan yang dilakukan antara Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banyumas, Perwakilan Dinkominfo dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) dengan Bupati Banyumas, belum lama ini di Ruang Joko Kahiman Kompleks Setda Kabupaten Banyumas. Agenda pertemuan adalah penyampaian hasil Implementasi kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) di Kabupaten Banyumas.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banyumas Kristanta dalam paparannya menjelaskan, penyelenggaran SDI dilatarbelakangi kondisi pandemi yang mendorong percepatan layanan digital pemerintah untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam rangka pemulihan nasional. Untuk itu dibutuhkan tata kelola data yang baik untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi. Hal inilah yang mendasari terbitnya Perpres No 39 Tahun 2019 tentang SDI.

Sebagai pedoman implementasi SDI di Kabupaten Banyumas telah diterbitkan Perbup No 14 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Satu Data Kabupaten Banyumas dan SK Bupati Banyumas tentang Pembentukan Forum Satu Data Kabupaten Banyumas. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh tim Satu Data Kabupaten Banyumas antara lain sosialisasi regulasi Satu Data kepada Perangkat Daerah, pelatihan data statistik sektoral dan koordinasi dengan BPS pusat terkait integrasi data.

Selanjutnya dipaparkan rancangan portal Satu Data Kabupaten Banyumas oleh Kabid Aplikasi Informatika Dinkominfo, Andiono. Portal yang diberi nama “Dimas Satria” (singkatan dari Data dan Informasi Banyumas Satria) menawarkan fitur-fitur yang menyajikan berbagai data strategis, baik data statistik maupun data geospasial, juga informasi dalam bentuk infografis dan berita kegiatan terkini.

Bupati Banyumas, Achmad Husein menyambut baik laporan dari Tim Satu Data Kabupaten Banyumas, dan mengapresiasi rancangan Portal Satu Data. Husein yakin portal ini akan banyak memberikan manfaat tidak hanya bagi masyarakat Banyumas, tetapi juga masyarakat di luar Banyumas, terutama para investor dari luar daerah.

Achmad Husein meminta agar portal yang disebutnya sebagai “very big data” ini dapat segera dilengkapi konten datanya sebelum diluncurkan ke publik. Selain itu, karena kapasitas yang begitu besar, dukungan infrastruktur yang memadai juga diperlukan, dan sisi keamanan sistem juga harus diperhatikan. (sbr)

 


Selasa, 06 September 2022