Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE, Kolaborasi Pemkab Banyumas dengan LPPM Unsoed

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO-Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Rapat Kordinasi terkait Arsitektur dan Peta Penyusunan SPBE dengan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat(LPPM) Unsoed di Laboratorium Terpadu Fakultas Ekonomi Bisnis Unsoed pada Senin(05/09/22).

 

Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono, Kepala Dinkominfo Kabupaten Banyumas Yayah Setiyono dan dihadiri juga oleh tim penyusun dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE di Kabupaten Banyumas yaitu Dr. Yanuar E Restianto S.E M.Acc, Ak, CA, CPA,Dr.Ali Rokhman M.Si, Dr. Kartono S.H, M.H, Aziz Wisnu Widhi Nugraha S.T, M.Eng dan Hari Siswantoro S.T, M.T, Ph.D.

 

SPBE atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Hal ini seperti yang tertuang pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. SPBE ditujukan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik. SPBE mencakup antara lain dalam mengelola,melaksanakan penatalaksanaan dan pengawasan e-government dalam penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten/Kota, mengelola Pusat Data Pemerintah, menyelenggarakan Sistem Komunikasi Intra Pemerintah Daerah dan pelayanan lainnya yang menggunakan teknologi informasi.

“Untuk mempercepat SPBE kepada seluruh ASN yang ada di Kabupaten Banyumas, maka kami melakukan kerjasama dengan LPPM Unsoed dimana saat ini leading sektornya masih di Dinkominfo, sasarannya agar OPD lebih bisa memahami mengenai SPBE dan bisa menindaklanjutinya di OPD masing - masing” ungkap Sekda Kab.Banyumas.

 

Penerapan SPBE ini bertujuan untuk mempermudah pekerjaan pada masing - masing OPD di Kabupaten Banyumas agar mempercepat layanan kepada masyarakat dan menghemat biaya.


Selasa, 06 September 2022