Zharfan dan Pramesti Kakang Mbekayu Banyumas Tahun 2022

Kabupaten Banyumas

Muhammad Zharfannullah dari Universitas Muhammadyah Purwokerto (UMP) dan Dyah Pramesti Padmaningtyas, Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto terpilih menjadi Kakang Mbekayu Banyumas Tahun 2022. Keduanya terpilih pada Grand Final Pemilihan Kakang Mbekayu Banyumas, Duta Wisata Banyumas yang digelar di Pendopo Sipanji Banyumas akhir pekan lalu.

Ketua Paguyuban Kakang dan Mbekayu Banyumas (Pakemas) R. Dwi Hana Satria Wibawa mengatakan, bahwa setelah dua tahun absen, gelaran pemilihan Kakang dan Mbekayu Banyumas tahun ini kembali dihelat. Namun kegiatan yang biasa digelar oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), kali ini digelar oleh Pakemas

“Mengingat belum dianggarkan oleh Dinporabudpar, maka kami Pakemas menggelar Pemilihan Kakang dan Mbekayu 2022 secara gotong royong dari para alumni Kakang Mbekayu Banyumas dan sponsor,” katanya Rabu 14 September 2022.

Hana menambahkan pendaftar Kakang Mbekayu tahun ini mencapai hampir 200 pendaftar. Namun sebanyak 112 pendaftar tidak lolos seleksi administrasi.

"Sampai tes tertulis dan wawancara itu 67 yang ikut. Kita seleksi tertulis dan wawancara dilakukan satu hari," katanya.

Menurut Hana, untuk menjadi Kakang dan Mbekayu Banyumas, syaratnya tidak cukup hanya berpenampilan menarik. Mempunyai wawasan luas terhadap budaya dan pariwisata Banyumas juga jadi keharusan.

"Selain itu harus bisa mempromosikan wisata dan budaya Banyumas, serta selalu punya gebrakan memajukan pariwisata Banyumas," jelasnya.

Pada akhir kegiatan Grand Final sebagai pemenang untuk Kakang Banyumas, juara 1 diraih oleh Muhammad Zharfannullah utusan dari UMP, juara 2 Muhammad Taufiq utusan Fisip Unsoed, juara 3 diraih oleh Muhammad Hidayah Syarifudin Tirto Satria. Juara 4 Rahmat Surya Edi, Utusan Kecamatan Purwokerto Timur dan juara 5 Reza Iqbal Pramudya Utusan IT Telkom Purwokerto.

Pemenang Mbekayu Banyumas juara 1 Dyah Pramesti Padmaningtyas, Utusan FISIP Unsoed, juara 2 diraih oleh Girliani Daffa, juara 3 diraih oleh Yessa Yantusupita, juara 4 diraih oleh Intan Cahya Fadila, utusan Kecamatan Purwokerto Timur dan juara 5 diraih oleh Salsabiela Izzati.

Selain itu ada Juara Mbekayu Fotogenik 2022 diraih oleh Ariadne Tiara Hapsari dan Juara Kakang Fotogenik 2022 diraih Farrel Rizki Saputra, utusan FIB Unsoed. Juara persahabatan 2022 diraih oleh Syadzwina Dhini Aqiila, Utusan SMK Telkom Purwokerto.

Laura Kartika Puspa terpilih menjadi Juara Mbekayu Intelegensia 2022, Diva Fortuna Lintang Utusan FIB Unsoed menjadi juara Video Promosi Terbaik, Ramadhan Abimanyu Utusan SMAN 4 Purwokerto menjadi juara Utusan Sekolah Terbaik.

Neswara Alda Arifa utusan Kecamatan Sumbang menjadi Juara berbakat seni, Taufik Maulana utusan SMA N 1 Banyumas berhasil menjadi Kakang Berbusana Terbaik dan Mbekayu Berbusana Terbaik diraih oleh Dyah Pramesti Padmaningtyas Utusan FISIP Unsoed.

“Ada dua peserta yang mendapatkan 2 gelar yaitu Muhammad Taufiq utusan Fisip Unsoed yang berhasil menadji juara 2 kakang dan Favorit serta Dyah Pramesti Padmaningtyas, Utusan FISIP Unsoed yang menjadi juara 1 mbekayu dan busana mbekayu terbaik,” pungkas Hana


Rabu, 14 September 2022