Cegah Stunting, Masyarakat Perlu Hindari ‘4 TERLALU’

Kabupaten Banyumas

Upaya untuk menekan angka stunting di wilayah Kabupaten Banyumas terus digalakkan. Kali ini, Selasa (13/9/2022), Pelayanan Informasi Kebijakan Daerah (PIKD) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022, dimotori oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas menggelar Sosialisasi Program Penanganan Stunting yang dibalut dengan pentas seni dan nonton bareng.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh dan kembang pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Menargetkan masyarakat Desa Cikakak dan sekitarnya, acara digelar di Pendopo Pakoso, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon. Hadir dalam acara tersebut sejumlah tamu kehormatan dari Provinsi Jawa Tengah, jajaran OPD, dan tokoh-tokoh masyarakat di wilayah Kabupaten Banyumas.

Dibuka dengan sambutan dari Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum SH., serta Kepala Dinkominfo Banyumas, Drs. Yayah Setiyono, MM.  

Riena menegaskan tagline Jawa Tengah ‘Jo Kawin Bocah / Jangan Menikah Dini’ dan program prioritas ‘Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng / memantau orang hamil’ benar-benar harus diterapkan untuk menekan angka stunting.

Menjelang inti sosialisasi, hadirin disuguhkan dengan penampilan seni dari grup karawitan Desa Cikakak.

Materi sosialisasi disampaikan oleh narasumber dari BKKBN, Dinas Kesehatan, dan DPPKBP3A. Penyampaian materi berjalan dengan santai dan diselingi dengan lelucon dari guyon maton.

Menurut narasumber, pencegahan stunting harus dilakukan sedini mungkin, terutama pada remaja putri baik dari sebelum menikah hingga pola asuh setelah melahirkan. Selain kaum wanita, keterlibatan kaum pria juga sangat diperlukan dalam pencegahan stunting.  

“Hindari 4 TERLALU, terlalu muda menikah, terlalu muda/tua melahirkan, terlalu dekat/terlalu sering melahirkan, dan terlalu banyak. Itu sangat berbahaya,” pesan pemateri dari BKKBN.

Narasumber juga menegaskan perlunya pencegahan stunting melalui percepatan stunting ini agar dalam jangka panjang dapat mengentaskan angka kemiskinan di Indonesia.

Acara berlangsung makin meriah dengan sesi tanya jawab dari peserta kepada para pemateri. Di penghujung acara ditanyangkan film pendek berjudul ‘Cebol Nggayuh Lintang’.

Tonton selengkapnya >> Youtube BETTER BANYUMAS


Rabu, 14 September 2022