Ambalan SMA Ma'arif NU 1 Ajibarang Menggelar Pelatihan Jurnalistik

Kabupaten Banyumas

Dewan Ambalan Pangeran Diponegoro Nyi Ageng Serang Pangkalan SMA Maarif 1 Ajibarang menggelar Pelatihan Jurnalistik Minggu 2 Oktober 2022 di aula sekolah setempat. Kegiatan dibuka oleh Waka Kesiswaan Titik Masruroh selaku Wakil Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) dan diikuti sebanyak 65 Pramuka Penggalang dan Penegak perwakilan dari Kwarran Ajibarang, Gumelar, Pekuncen, Wangon dan Rawalo.

Dalam sambutannya Wakil Mabigus Titik Masruroh mengatakan tujuan pelatihan jurnalistik adalah untuk mencetak “Jurnalis Muda Kreatif dan Inovatif” yang dapat menyusun berita dan mengambil foto maupun video yang sesusi dengan kaidah jurnalistik. Ia berharap usai pelatihan para peserta dapat mempublikasikan kegiatan yang dilaknakan baik melalui media sosialnya maupun meadia meanstream lainya.

“Dengan banyaknya berita positif yang dibuat tentu dapat mengurangarangi mengurangi peredaran Berita Hoax," katanya

Senada disampaikan oleh Ketua Gugus Depan Pangkalan SMA Maarif NU 1 Ajibarang Tri Mulyo, bahwa pendidikan dan pelatihan pramuka sangat perlu untuk dipublikasikan. Mengingat hampir semua kegiatan pramuka mengandung edukasi yang perlu diketahui oleh masyarakat.

“Jadi orang akan tau bahwa pramuka itu bukan sekedar tepuk tangan dan kemah saja. Karena tepuk tangan sendiri bisa menjalin kemkompakan, menjadikan anak lebih konsentrasi. Dan melalui kemah anak akan terbiasa mandiri dan disiplin,” kata Tri Mulyo mencontohkan

Pradana Ambalan Pangeran Diponegoro, Diaz Nur Pratama mengatakan kegiatan pelatihan jurnalistik diikuti sebanyak 65 Pramuka Penggalang dan Penegak yang berasal dari eks Kwawredanan Ajibarang.

“Sebanyak 65 pramuka penegak dan penggalang mengikuti kegiatan ini. Mereka berasal dari Kecamatan Ajibarang,Gumelar, Pekuncen, Wangon dan Rawalo,” katanya

Diaz menambahkan bahwa pihanya menghadirkan narasumber dari Pemimpin Redaksi Media Cetak Ternama di Purwokerto dan Humas Kwarcab Banyumas Parsito.


Senin, 03 Oktober 2022