Kunjungi Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental, Husein Harap Ada Kemandirian Setelah Sembuh

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Achmad Husein didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein mengunjungi Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Martini di Kecematan Kroya Cilacap pada Senin 24 Oktober.
Kunjungan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Se-Dunia yang jatuh pada 10 Oktober lalu.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dr Arif Sugiyono menjelaskan sampai saat ini terdapat sebanyak 2.768 orang dengan gangguan jiwa berat yang sudah terdata pada Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

‘’Sementara itu yang saat ini sedang di rehab di RSPDM Martani sebanyak 83 orang dan 28 diantaranya berasal dari Kabupaten Banyumas,’’ jelasnya.

Mengangkat tema ‘’World Mental Health Day’’, dr Arif menjelaskan maksud dari tema tersebut ialah menjadikan kesehatan mental untuk semua sebagai prioritas global atau mendunia.

‘’Harapannya, sinergitas antar lembaga dalam hal ini OPD terkait, rumah sakit, masyarakat, dalam penanganan ODGJ berat lebih optimal terkait dalam penanggulangan pamasungan, meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam upaya pinandakan dan kepedulian keluarga,’’ucapnya.

Dalam sambutannya, Husein berharap para penerima manfaat yang saat ini berada di RSPDM Martini dapat kembali sembuh dan bisa bersosialisasi dan bisa diterima oleh masyarakat.
‘’Nantinya setelah keluar dari sini, para penerima manfaat harap untuk selalu dipantau agar tidak kembali lagi dan didukung untuk kemandiriannya,’’ himbaunya.

Eka Suswantoro, salah satu penerima manfaat yang sudah sembuh dan saat ini sudah bekerja sebagai penunggu kanti sekolah dasar mengaku sangat menerima manfaat yang banyak setelah berada di RSPDM selama satu tahun.

‘’Harapannya, semoga kawan-kawan disini nantinya setelah keluar dapat diterima oleh masyarakat dengan baik,’’ ucapnya.


Rabu, 26 Oktober 2022