Ada 226 Jenis Jabatan yang ditawarkan di Kegiatan Jobfair Kabupaten Banyumas Tahun 2022

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO-Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Ketenaga Kerjaan, Koperasi dan UMKM (Dinakerkop) mengadakan kegiatan Jobfair dalam rangka membuka peluang kerja bagi generasi muda, megurangi inflasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mengangkat tema “Rise Together to Start a Brilliant Career”, dimana dibutuhkan 226 Jenis Jabatan yang ditawarkan dalam kegiatan tersebut diantaranya 158 secara online dan 68 secara offline.

Kegiatan ini dihadiri oleh Irawadi selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Banyumas, Mukhtar Rosyid Harjono selaku Kepala Biro Keuangan Kemnaker, Bejo Siswanto selaku PLT Sekretaris Dinakerkop Kabupaten Banyumas, Para Pimpinan Perguruan Tinggi Kabupaten Banyumas, Jajaran BPJS Ketenaga Kerjaan Kabupaten Banyumas dan tamu undangan lainnya.

Tujuan diadakan Jobfair ini diantaranya yaitu untuk Memfasilitasi pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesegera mungkin dengan pengetahuan, bakat dan kemampuan yang dimiliki, Membantu perusahaan atau tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja sesegera klasifikasi yang dibutuhkan, Mengurangi angka pengangguran dan Mengurangi dampak inflasi di Kabupaten Banyumas. Pelaksanaan akan dilakukan selama 2 hari yaitu tanggal 29-30 November 2022 di Gor Satria Purwokerto.

 

Bejo Siswanto selaku PLT Sekretaris Dinakerkop Kabupaten Banyumas dalam sambutannya mengatakan.

“Maksud kegiatan Jobfair untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja secara online maupun offline, kegiatan Jobfair ini merupakan bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinakerkop Kabupaten Banyumas dalam mengatasi masalah pengangguran dan pandemi serta mengatasi dampak inflasi khususnya di Kabupaten Banyumas” Ujarnya.

Bejo Siswanto juga menambahkan dalam sambutannya rangkaian acara pada kegiatan Jobfair ini aka ada kegiatan Talk Show atau Seminar.

“Dalam rangkaian kegiatan Jobfair ada juga kegiatan Talk Show atau Seminar dalam rangka memberikan informasi kebutuhan dan kompetensi kepada calon tenaga kerja dan kepada pencari tenaga kerja kemudian, peserta Jobfair terdiri dari 50 perusahaan terdiri dari 42 online dan 8 offline, pencari kerja berdasarkan data yang sudah masuk kurang lebih 4000 pencari kerja.”katanya

Kepala Biro Keuangan Kemnaker Mukhtar Rosyid Harjono mengapresiasi kegiatan tersebut karena ini pertama kalinya kegiatan Jobfair diadakan secara Hybrid dimana para pencari kerja dengan tempat tinggal yang jauh atau di luar Kabupaten Banyumas bisa mengakses melalui media elektronik.

“Kegiatan Jobfair kabupaten ini yang pertama kalinya diselenggarakan secara hybrid, sehingga teman-teman semua yang rumahnya jauh atau bahkan dari luar Banyumas yang tidak bisa hadir langsung bisa mengakses melalui media elektronik, ini sangat luar biasa dan menjadi menarik” ungkapnya

Irawadi selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Banyumas juga menyampaikan dalam sambutannya dengan adanya kegiatan Jobfair ini dapat menjadikan hubungan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah dan Perusahaan - perusahaan menjadi komunikatif dan menumbuhkan perindustrian yang harmonis bagi pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat.

“Semoga Jobfair ini menjadikan hubungan yang komunikatif antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Perusahaan pengguna tenaga kerja dan para pencari kerja sehingga terbentuk hubungan emosional serta rasa saling memiliki dan saling membutuhkan. Tumbuhnya perindustrian yang harmonis yang menjadi pondasi penting pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat  ”jelasnya.

Diakhir acara pembukaan Jobfair kali ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis klaim jaminan kematian, jaminan hari tua dan program pensiun bagi peserta atau ahli waris oleh yang diserahkan oleh Jajaran BPJS Ketenaga Kerjaan.

 


Selasa, 29 November 2022