Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Kini Dapat Terpantau

Kabupaten Banyumas

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi Bunda UMKM Banyumas Erna Sulistyawati Husein, dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Banyumas, Nuraeni Sadewo meresmikan running teks 13 titik pasar dan publikasi aplikasi Sigaokmas (Sistem Informasi Harga Pokok Banyumas) di Pasar Manis pada Selasa malam 24 Januari 2023. Adanya aplikasi ini merupakan satu upaya pemerintah memberikan perlindungan kepada konsumen dalam berbelanja.

Kepala Dinperindag Banyumas Titik Puji Astuti menjelaskan adanya aplikasi Sigaokmas yang bekerjasama dengan Dinkominfo ini merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan perlindungan kepada konsumen dalam berbelanja, memberikan informasi harga secara reel time serta sebagai alat pendeteksi dini untuk pemerintah dalam membuat kebijakan bilaman terjafi fluktuasi harga di pasar rakyat.

"Sementara untuk running text sudah terpasang di Pasar Banyumas, Sokaraja, Manis, Larangan, Kemukusan, Jatilawang, Sangkalputung, Tambak, Pahing, Ajibarang, Wage, Pon dan Pasar Proliman," jelasnya.

Sementata itu, Sadewo merasa senang dengan adanya running text di 13 titik pasar karena dapat membantu menyajikan data yang membantu masyarakat dalam memperoleh harga terbaru komuditas yang dibutuhkan.

"Tapi di dalamnya, tidak terpatok dari harga yang tertera di running text. Jadi tetap ada proses tawar menawar seperti pasar tradisional pada umumnya," ucapnya.


Rabu, 25 Januari 2023