Sekretariat Wapres Lirik Pengolahan Sampah di Banyumas

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas, Achmad Husein menerima kunjungan kerja Asisten Deputi Infrastruktur, ketahanan energi dan sumber daya alam bersama Asisten Deputi Industri, Perdagangan, Pariwisata dan ekonomi kreatif, Sekretariat Wakil Presiden, Rabu, 8 Februari 2023 bertempat di Ruang Joko Kaiman.

Asisten Deputi Infrastruktur, Ketahanan Energi, Ketahanan Energi, dan Sumber Daya Alam Sekretariat Wakil Presiden Indonesia, Sri Prastiwi Utami mengatakan maksud dan tujuan dari kunjungan kali ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi yang lebih komprehensif, dan melihat langsung proses pengolahan sampah.

"Menindaklanjuti arahan Bapak Wakil Presiden, kami bermaksud melihat langsung mulai dari proses pengambilan sampah dari masyarakat kemudian ke KSM sampai di TPA BLE" Ungkapnya.

Selain itu, Asisten Deputi Industri, Perdagangan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, M. Zulkarnain juga ingin melihat industri yang dihasilkan dari pengolahan sampah ini.

Bupati Husein menjelaskan proses serta sarana dan prasarana yang digunakan dalam pengelolaan sampah di TPA BLE dan TPST Kabupaten Banyumas. Ia juga menceritakan awal mula adanya inovasi "Sumpah Beruang" ini berasal dari penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) oleh masyarakat, dan banyumas menjadi darurat sampah, sehingga muncul ide untuk membuat Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

"Di TPST ini, kami menggunakan mesin pemilah sampah organik dan anorganik untuk kemudian sampah organiknya dimanfaatkan untuk pupuk kompos dan pakan magot, sedangkan sampah anorganiknya menjadi bahan RDF dan pembuatan paving plastik dan genteng plastik," jelasnya.

Bupati Husein juga mengajak rombongan untuk melihat secara langsung proses pengolahan sampah di halaman belakang Rumah Dinas Bupati dimana terdapat tempat pengembangbiakan magot dan proses pengolahan plastik di halaman Menara Teratai Purwokerto.

Vista Dini Astika


Kamis, 09 Pebruari 2023