Nguri-Nguri Budaya, Pemda Jadikan Gobag Sodor Rangkain Hari Jadi

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein didampingi Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono beserta Ketua TP PKK Banyumas Ny Erna Sulistyawati Husein menghadiri sekaligus ikut memberikan semangat kepada 7 kecamatan yang berhasil memasuki final pertandingan gobag sodor se-Kabupaten Banyumas pada 10 Februari 2023.

Pertandingan yang digelar di Lapangan Panahan GOR Satria Purwokerto ini diikuti oleh PKK se-Kabupaten Banyumas dalam rangka menyemarakan hari jadi Banyumas ke-452 sekaligus sebagai upaya membangkitkan kembali olahraga nasional.

Ketua TP PKK Banyumas, Ny Erna Husein menjelaskan peserta yang masuk dalam final kali ini sudah mengikuti babak penyisihan dari tingkat desa di kecamatan masing-masing. Dan dari kecamatan-kecamatan menyisakan 7 peserta yang saat ini masuk dalam babak final, yakni Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, Tambak, Lumbir, Cilongok, Baturraden dan Sokaraja.

"Hal ini sebagai upaya nguri-nguri permainan tradisional yang sudah mulai punah dikalangan anak zaman sekarang," tuturnya.

Ia menambahkan, permainan ini diawali oleh PKK terlebih dahulu dan nantinya akan dicoba diperkenalkan kepada organisasi-organisasi wanita serta anak sekolah untuk dijadikan sebagai kegiatan rutin.

Ketua TP PKK Teluk sebagai perwakilan Purwokerto Selatan Eeng mengaku senang dengan adanya permainan tradisional yang masuk menjadi salah satu rangkaian kegiatan hari jadi sebagai upaya 'nguri-nguri' budaya sekaligus membangun kekompakan antara ibu-ibu PKK.

"Semoga ini bisa dilestarikan dan dapat menjadi salah satu program olahraga anak sekolah karena menyenangkan dan dapat menjadi hiburan," tuturnya.

Ni Pembayun


Jumat, 10 Pebruari 2023