Bupati Banyumas Pimpin Ziarah ke Makam R Joko Kaiman

Kabupaten Banyumas

Kamis, (16/02/2023) Bupati Banyumas, Achmad Husein melaksanakan ziarah ke makam R Joko Kaiman, Bupati Pertama Banyumas di desa Dawuhan. Kegiatan tersebut menjadi agenda rutin dari rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Banyumas.

Bupati didampingi rombongan yang terdiri dari Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Banyumas berziarah dengan memanjatkan doa untuk R Joko Kaiman.

“Tujuan kami dan rombongan adalah mendoakan R Joko Kaiman Bupati pertama Banyumas yang sudah mendirikan Banyumas hingga saat ini,” kata Bupati Banyumas Achmad Husein.

Ziarah diakhiri dengan tabur bunga di pusara makam R Joko Kaiman yang diawali oleh Bupati Achmad Husein diikuti rombongan lainnya.

Dalam sambutannya Husein mengungkapkan bahwa Banyumas bisa seperti sekarang berkat pengabdian, perjuangan, dan kerja keras bupati terdahulu.

Menurutnya Raden Joko Kaiman berjiwa ksatria dan tidak mementingkan diri sendiri. Ketika mendapat hadiah dari Sultan Pajang Hadiwijaya berupa Penobatan sebagai Adipati Warga Utama II, tapi karena keikhlasannya beliau membagi wilayah kekuasaanya menjadi 4 kepada saudara-saudara iparnya.

“Jiwa kesatria dan rela berkorban inilah yang patut kita tauladani” ungkapnya.

Dari kegiatan tersebut bupati berpesan agar acara ziarah ini, dapat dijadikan sebagai introspeksi diri sekaligus untuk mengenang jasa bupati terdahulu juga sebagai intropeksi diri.

Usai berziarah, ratusan warga menunggu di depan makam, karena tradisi yang sudah berjalan usai ziarah, bupati bersama pimpinan daerah lain membagikan uang.

Selanjutnya Bupati dan rombongan melanjutkan perjalan ke Bale Adipati Mrapat, untuk mengadakan tasyakuran hari jadi.


Kamis, 16 Pebruari 2023