143 Calon Paskibraka Kabupaten Banyumas Ikuti Tes Wawasan Kebangsaan dan Intelegensi Umum

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO-Sebanyak 143 peserta calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 Kabupaten Banyumas, mengikuti tes tahap III yaitu wawasan kebangsaan dan intelegensi umum. Kegiatan tersebut diselenggarakan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banyumas, bersama Kodim 0701/BMS dengan menggandeng purna Paskibraka Kabupaten Banyumas mulai pukul 07.30 WIB -10.30 WIB di Aula Kodim 0701/BMS Rabu,(15/03/2023).

Pada tahap III kali menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yaitu dengan aplikasi yang disediakan oleh BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) yaitu sebuah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. BPIP merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP).

Menurut Sugeng Suroso,S.E Analisis Kebijakan Ahli Muda Bidang ideologi, wawasan kebangsaan dan ketahanan ekonomi, sosial, budaya dan agama Kesbangpol Kab.Banyumas penggunaan aplikasi ini selain memudahkan peserta dan panitia juga lebih terbuka dan transparansi karena bisa mengecek lulus atau tidaknya dengan nilai ketentuan nilai yang keluar setelah peserta selesai mengerjakan tes.

“Dengan aplikasi ini lebih terbuka dalam sebuah kegiatan lebih fair terhadap masyarakat siapa yang terpilih adalah betul – betul pilihan”jelasnya.

Masing – masing peserta menggunakan HP pribadi dan melakukan tes di Aula Kodim 0701/BMS secara bersama – sama dengan diawasi oleh panitia, kemudian panitia juga menyediakan fasilitas Wifi yang telah disediakan oleh Dinkominfo Kabupaten Banyumas untuk memberikan kelancaran saat peserta sedang melakukan tes tersebut.


Rabu, 15 Maret 2023