Tersisa 99 Peserta Calon Paskibraka Kabupaten Banyumas, saat ini sedang mengikuti seleksi PBB

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO - Setelah melewati tahap-tahap seleksi calon Paskibraka Kabuapten Banyumas, pada hari ini Kamis,(16/03/23) melaksanakan seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) Pakibraka di Aula Kodim 0701/BMS. Tersisa 99 peserta dimana pada tahap sebelumnya ada  143 peserta yang mana mereka tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Pada tahap ini hingga tahap akhir menggunakan sistem skoring dimana nantinya pada akhir nilai skor yang tinggi akan lolos sebagai Paskibraka Kabupaten Banyumas.

Juri yang bertugas untuk seleksi PBB Calon Paskibra kali initerdiri dari Kodim 0701/BMS, Polres Banyumas, Polsek Sumbang dan Polsek Kebasen. Menurut Sersan Hidayat dari Kodim 0701/BMS seleksi PBB berguna untuk meningkatkan kemampuan Paskibraka dalam hal fisik, mengasah keterampilan masing-masing dan mewujudkan solidaritas atau jiwa korsa atau team work serta mengenalkan para Paskibraka terhadap medan dan formasi upacara yang akan mereka tampilkan.

“PBB adalah salah satu bentuk kegiatan fisik yang bertujuan untuk membentuk karakter dan individu masing – masing supaya terbentuk jiwa korsa dalam melaksanakab kegiatan.” Ujarnya.

Aspek yang dinilaipun beragam yaitu tentang pengertian, pemahaman dan pengamalan wawasan kebangsaan nasionalisme. Sersan Hidayat juga berharap bahwa bangsa ini membutuhkan generasi muda yang menerapkan nilai – nilai kebangsaan nasionalisme dalam diri mereka untuk dimasa depan Bangsa Indonesia. Sersan Hidayat juga menambahkan pesan bagi para peserta calon paskibra untuk jangan takut salah demi tegak kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami dari para juri berharap bahwa peserta jangan takut salah pada satu kegiatan demi tegak kokohnya NKRI”Tambahnya.


Kamis, 16 Maret 2023