Sebanyak 99 Peserta Calon Paskibraka Mengikuti Seleksi Kesempataan di Stadion Gelora Satria

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO – Menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tak semudah yang kita kira. Untuk mencapai cita –cita menjadi paskibraka, siswa-siswa tingkat SMA atau sederajat di seluruh Kabupaten Banyumas harus melalui sejumlah seleksi ketat. Seorang anggota paskibraka harus terlihat sempurna, karena pengibaran bendera dilakukan di depan sejumlah pejabat termasuk Bupati dan Wakil Bupati.

Seleksi Paskibraka Kabupaten Banyumas sekarang sudah di tahap kesamaptaan dimana tahap tersebut peserta calon paskibraka akan dites kemampuan fisiknya, didampingi tim juri yang professional berasal dari Kesbangpol Kabupaten Banyumas, Polresta Banyumas, Kodim 0701/BMS kemudian ada PPI (Purna Paskibraka Indonesia) yang membantu juri dalam penilaian. Pelaksanaan seleksi tersebut berada di Stadion Gelora Satria Purwokerto dimulai pukul 06.00 WIB – selesai pada hari Jumat,(17/03/23).

Tahapan seleksi tersebut diantaranya yang pertama dilakukan, peserta diberi instruksi dalam pelaksanaan seleksi kesamaptaan tersebut. Kemudian peserta diberi rompi yang sudah ada nomor urutnya, sebelum dimulai peserta di tensi terlebih dahulu dibantu oleh panitia dari Dinkes Kabupaten Banyumas, selanjutnya para peserta melakukan pemanasan dan memulai tes kemampuan fisik berupa lari dibagi menjadi 3 kloter selama 12 menit dengan penilaian jumlah lari putaran, kedua tes kemampuan fisik berupa sit up, push up dan pull up masing – masing selama 2 menit dengan penilaian jumlah masing – masing tes kemampuan yang dihasilkan, yang terakhir ada tes lari angka 8 sebanyak 3 putaran dengan penilaian waktu tercepat yang didapatkan oleh peseta.

Pemilihan anggota Paskibraka kabupaten ini  tentunya benar-benar siswa/siswi terbaik, Setelah dipilih mereka juga akan menjalani latihan yang keras hingga menjadi pasukan yang terbaik. Pasukan Paskibraka kabupaten yang terbaik akan diseleksi lagi untuk dikirimkan ke tingkat nasional sehingga menjadi Paskibraka Nasional.


Jumat, 17 Maret 2023