Bupati Banyumas Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS-Bupati Banyumas Achmad Husein didampingi Kepala Kepolisian Resor Kota Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu dan Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono memimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023di Halaman GOR Satria Purwokerto pada hari Senin (17/04/23).

 Kegiatan yang digelar Polresta Banyumas tersebut, mengusung tema “Mudik Aman Berkesan”, dilaksanakan dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H tahun 2023 dan menjamin keamanan dan ketertiban pemudik saat berpergian. Apel juga dihadiri oleh Keua DPRD Banyumas, Kepala Kejaksaan Purwokerto dan Banyumas, Ketua Pengadilan Purwokerto dan Banyumas, Dandenpom, Kepala Danki Brimob, Kasat Pol PP, Kadis Perhubungan, Kepala BPBD, Ketua MUI Banyumas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lain serta seluruh elemen penting Satuan Resort Polres Banyumas.

Bupati Husein saat membacakan sambutan  Kapolri Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stake holder  terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H”katanya .

Apel ini dilakukan untuk memastikan kelancaran pada saat hari raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik. Kapolri melalui Bupati menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh petugas.

"Kepada para petugas saya minta yang pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023 merupakan tugas mulia. Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP. Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu, Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat dan keenam, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait." tegasnya.

Penekanan langkah-langkah yang harus dilakukan pada pengamanan arus mudik dan juga pada arus balik. Operasi Ketupat Candi 2023 kali ini, Polresta Banyumas mengerahkan 580 personil, TNI sebanyak 60 personil, Dishub 30 personil dan Sat PP sebanyak 30 personil, ditambah relawan diantaranya dari Pramuka, Banser, Kokam, Orari, RAPI dan lainya.


Selasa, 18 April 2023