Baznas Banyumas Bantu Guru Madin dan TPQ Senilai Rp 400 Juta

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banyumas mentasarufkan zakat senilai Rp400 juta untuk membantu guru madin dan TPQ atau asnaf fisabilillah, di wilayah tersebut. Bantuan diserahkan wakil ketua IV bidang kesekretariatan, SDM dan umum Abdul Qodir, dengan disaksikan Bupati  dan Wakil Bupati Banyumas serta undangan lainya di Masjid Indrapana Baturraden, Senin (17/4/2023).

Kegiatan tersebut dalam Peringatan Nuzulul Qur'an dan rangkaian Tarling Bupati Banyumas tahun 1444 H atau 2023. Ketua Baznas Banyumas Khasanatul Mufidah mengatakan, pendistribusian zakat kali ini untuk 1.000 orang penerima, yang terdiri dari guru madin dan TPQ di Kabupaten Banyumas yang belum mendapat bantuan dari pemerintah maupun Gubernur. Masing-masing mendapatkan bantuan senilai Rp400 ribu rupiah.

“Total bantuan yang kami distribusikan sebanyak Rp400 juta, dari sisi nominal perorang ada penurunan, namun dari sisi penerima ada peningkatan, tahun lalu hanya ratusan sekarang mencapai 1.000 orang. Mudah-mudahan ini menambah motivasi kepada mereka yang telah berjuang untuk mendidik putra putri bangsa,” ujarnya.

Asnaf fisabilillah ini adalah mereka yang berjuang tanpa pamrih di jalan Allah SWT. Akan tetapi, keberadaannya ada kekurangan dari segi kondisi dan ekonomi. Diharapkan, pihaknya dapat terus memasyarakatkan zakat guna penghimpunan zakat yang maksimal. Sehingga tahun-tahun yang akan datang bisa memberikan asnaf fisabilillah dan asnaf lainya lebih banyak lagi, baik nominal maupun jumlah penerima.

“Mohon dukungan kepada muzaki dan juga bapak Bupati dan Wakil Bupati Banyumas agar memaksimalkan zakat di kalangan ASN,” katanya.

Apresiasi disampaikan Bupati Achmad Husein kepada Baznas Banyumas yang telah memberikan dukungan kepada pemerintah daerah, khususnya dalam kegiatan sosial. Selain untuk menyalurkan zakat, kegiatan ini untuk mendorong dari sisi sosial, dan ekonomi. Diharapkan, kegiatan ini bisa konsisten terus dilaksanakan.

“Ini merupakan bentuk niatan bersama sebagai apresiasi, untuk memberikan bantuan kepada Guru TPQ dan Madin di Banyumas,” katanya.

 

File dokumentasi dapat diunduh di :

https://drive.google.com/drive/folders/1KZ9m5zUgeWLoeMi1RBLgnCTciMiOpEp9?usp=sharing

 


Selasa, 18 April 2023