Peringati Hardiknas 2023, Ratusan Pelajar Bawakan Tari Ebeg Edukasi

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS – Sebanyak 240 pelajar kelas VII SMP Negeri 1 Lumbir suguhkan tarian Ebeg Edukasi dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional di Alun-alun Purwokerto, Selasa (5/2/2023).

Ratusan pelajar tersebut memasuki alun-alun usai pelaksanaan upacara Hardiknas dengan membawa “Ebeg” atau kuda-kudaan dari kardus bekas hasil karya sendiri. Mereka tampak riang dan kompak menampilkan Ebeg Edukasi dalam tiga tarian yakni Rumekso, Baladewa, dan Lenggeran.

Kepala SMP Negeri 1 Lumbir, Sutomo mengatakan Ebeg Edukasi ini merupakan salah satu cara sekolahnya dalam melestarikan budaya asli daerah. “Jadi anak-anak bisa ikut andil dalam melestarikan budaya Banyumasan khususnya Ebeg. Kita tampilkan di Alun- alun hari ini,” ungkap Sutomo.

Sutomo juga menjelaskan, penggunaan bahan bekas untuk properti yang digunakan dapat menambah kreativitas siswa-siswinya untuk memanfaatkan bahan limbah.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein memberikan apresiasi adanya Ebeg Edukasi tersebut. “Tidak harus mendem (mabuk), kesenian ini bisa dikreasikan dengan nilai-nilai budaya dan perkembangan zaman sekarang,” kata beliau.

Selain pertunjukan Ebeg Edukasi, juga diperagakan keterampilan bela diri dari anak- anak SD hingga SMA yang tergabung dalam IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kabupaten Banyumas.

Di kesempatan yang sama, Bupati Banyumas selaku pemimpin upacara membacakan pidato dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, pemerintah mengajak seluruh elemen untuk dapat meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, serta membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

 

 


Selasa, 02 Mei 2023