Bupati Banyumas Membuka Kegiatan TMMD Tahap I di Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh

Kabupaten Banyumas

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2023 Bangun Jalan Penghubung ke Selanegara

BANYUMAS - Bupati Banyumas Achmad Husein membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2023, di Lapangan Parkir Lokawisata Sentana Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas pada hari Rabu,(10/05/23).

TMMD Sengkuyung Tahap I merupakan keterpaduan antara TNI bersama Pemerintah Kabupaten Banyumas sebagai upaya percepatan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan yang mengusung tema "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI - Rakyat Semakin Kuat" tersebut akan dilaksanakan selama 30 hari mulai hari ini, 10 Mei 2023 sampai dengan 8 Juni 2023 mendatang.

Bupati Banyumas Achmad Husein dan Komandan Kodim 0701/ Banyumas Letnan Kolonel Inf Iwan Dwi Prihartono, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), melakukan pemukulan kentong menandai dimulainya kegiatan TMMD yang disaksikan oleh tamu undangan dan masyarakat setempat. Rencana program TMMD dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh Bupati Banyumas dan Komandan Kodim 0701/Banyumas.

 “Saya selalu merasa senang atas kegiatan kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan , seperti halnya TMMD yang kita lakukan pada saat ini. Sudah banyak hasil dari TMMD yang manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat, serta membantu dan mempermudah mereka untuk bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya,” kata Bupati Husein.

Selain pembangunan fisik, menurut Bupati, yang tak kalah pentingnya adalah upaya upaya pemberdayaan masyarakat dan edukasi kepada para generasi muda tentang nasionalisme, kependudukan, hukum, bahaya ancaman terorisme dan radikalisme, bahaya narkoba, dan materi materi lainnya, serta memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. Semua bahu membahu memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan ketrampilan, sumbangan materi dan kebendaan, maupun sumber daya lainnya.

“Jadi, TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa. Tapi dalam TMMD juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan kita hadapi,” pungkasnya.

Dandim 0701/Banyumas Letnan Kolonel Inf Iwan Dwi Prihartono menjelaskan terkait sasaran pokok dalam TMMD ini adalah pembangunan Jalan Rabat Beton Panjang 1.500 M X Lebar 3 M X Tinggi 0,15 M. Selain itu, adapula sasaran tambahan seperti, pembangunan talud di 2 titik, pembangunan plat beton di 7 titik, pembangunan drainase air panjang 144 M X Lebar 0,60 M X Tinggi 0,60 M, serta pembangunan 3 rumah tidak layak huni, 1 unit dari Baznas dan 2 unit dari BPR BKK. Sasaran Non Fisik dilakukan penyuluhan oleh Dinkominfo Kabupaten Banyumas selaku koordinator.

“Sementara, untuk sasaran non fisik akan diadakan penyuluhan dari dinas instansi terkait sesuai jadwal yang dibuat oleh Dinkominfo, Selaku Kordinator” ucapnya.

 

Link Dokumentasi Kegiatan Pembukaan TMMD Tahap I : DOWNLOAD

 

 


Rabu, 10 Mei 2023