Jadi Tuan Rumah Rakerda Dekranasda Tingkat Jateng, Erna Husein: “Banyumas Miliki Potensi IKM Kerajinan yang Strategis”

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Kabupaten Banyumas terpilih menjadi tuan rumah kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023. Melalui sambutannya, Ketua Dekranasda Kabupaten Banyumas Ny. Erna Husein menyampaikan bahwa Kabupaten Banyumas memiliki potensi Industri Kecil Menengah (IKM) yang cukup strategis khususnya di bidang kerajinan.

 “Kesemuanya (kerajianan) tersebar hampir di seluruh wilayah kecamatan. Per 2019, ada 970 IKM kerajinan dan batik atau sekitar 2% dari jumlah total unit di Banyumas” katanya.

Erna menjelaskan beragam kerajinan yang telah dihasilkan, mulai dari kerajinan batik, kain lurik, alas kaki (bandol), bordir, logam, payung kertas, tas, keramik, dan masih banyak lagi. Hasil karya tersebut tumbuh dari budaya daerah atau kearifan lokal sehingga akan terus dikembangkan agar memiliki daya saing untuk dapat bertahan di era global yang penuh tantangan.

“Banyumas juga kaya akan lokasi wisata maupun wisata kota serta beragam makanan khas daerah Banyumasan” tambah Erna.

Acara yang dilangsungkan pada Jumat (12/5/2023) di Pendopo Si Panji Purwokerto tersebut, dihadiri langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo serta 120 tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Atikoh menyebutkan setidaknya ada 20.000 Industri Kecil Menengah (IKM) yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dengan nilai pemasaran di tingkat lokal tetapi maupun ekspor.

“Alhamdulillah, tahun 2023 ekspor mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya. Selama pandemi ekspor barang-barang kerajinan meningkat cukup pesat mencapai 18 persen. 

"Peningkatan paling besar adalah home dekor sebab kebanyakan lebih suka mengerjakan work from home,” terang Atikoh. Dieketahui permintaan paling banyak berasal dari pasar Eropa.

Selain diisi dengan rapat kerja, kegiatan tersebut juga diisi dengan mini expo produk-produk UMKM Banyumas, serta talkshow yang dinarasumberi oleh dan ketua Dekranasda Kabupaten Banyumas.

 

 

Dokumentasi selengkapnya >> DOWNLOAD


Jumat, 12 Mei 2023