Antisipasi Kenaikan Angka Anak Tidak Sekolah, Pemkab Banyumas Bentuk Tim Mayuh Sekolah Maning

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Wakil Bupati Banyumas Drs. H. Sadewo Trilastiono, M.M., membuka acara Sosialisasi Penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) Kabupaten Banyumas, di Red Chili Purwokerto, pada hari Senin (15/05/2023). Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas telah mendata ATS melalui Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM), Dapodik dan data P3KE (Data Kemiskinan Ekstrim). Dari data yang telah diverifikasi dan validasi untuk data SIPBM dan P3KE bekerjasama dengan Bapedalitbang dan Dinsospermasdes Kabupaten Banyumas sudah dilakukan dan mulai penanganan, sedangkan untuk data Dapodik masih proses verifikasi dan validasi.

Wakil Bupati Sadewo menyampaikan bahwa setiap perencanaan dan program kegiatan yang bisa diusulkan ke Provinsi dan Pusat untuk segera usulkan saja.

“Dalam hal kesuskesan bukan hanya surat menyurat saja melainkan lobi atau pendekatan diskusi. Misalkan Banyumas mengusulkan 100 Milyar ke Provinsi maupun ke Pusat ternyata di setujui 40 % saja, yang resminya harus didanai dana APBD Kabupaten, tapi bisa didanai APBD Provinsi atau Pusat 40 Milyar, bisa digunakan untuk perbaikan jalan rusak, jalur irigasi desa, dan sekolah-sekolah yang menjadi tanggung jawab Kabupaten”. ungkapnya.

Menurutnya Dalam kerja melayani masyarakat ini, penanganan yang cepat sangat diperlukan untuk membangun Kabupaten Banyumas yang lebih baik kedepannya. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. H. Joko Wiyono MR, M.Si., yang menjadi penggagas rencana Penanganan Anak Tidak Sekolah mengatakan, salah satu langkah upaya penanganan dalam hal masih cukup tingginya Anak Tidak Sekolah di Banyumas, Pemerintah Kabupaten Banyumas membentuk TIM Mayuh Sekolah Maning.

Selain dihadiri oleh Wakil Bupati Banyumas, Sosialisasi Penanganan ATS juga dihadiri oleh, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Banyumas, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang, Tim UNICEF, Camat se-Kabupaten Banyumas dan tamu undangan dari instansi terkait.

 

 

Dokumentasi selengkapnya : https://s.id/1IRoG 


Senin, 15 Mei 2023