Walaupun Hujan Ratusan Masyarakat Banyumas Ikuti Salat Idul Adha di Convention Hall Putra Sang Fajar

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Bupati Banyumas Achmad Husein didampingi Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono beserta Sekretaris Daerah Wahyu Budi Saptono dan ratusan masyarakat Banyumas walaupun sedang hujan akan tetapi, antusias masyarakat menunaikan ibadah salat idul adha sangat tinggi sehingga memenuhi Convention Hall Putra Sang Fajar Komplek Menara Teratai Purwokerto untuk menunaikan ibadah Salat Idul Adha pada Kamis Pagi (29/06/23).

Dalam salat Idul Adha kali ini, bertindak sebagai Imam yakni Pengasuh Ponpes Modern Darul Quran Al-Karim Baturraden Drs KH Muhammad Sofwan Mubarrir, kemudian Khatib KH Drs Taefur Arofat, M.Pd.I Ketua MUI Kabupaten Banyumas sedangkan untuk Bilal Muh Zaenurrohman S.Ag dari Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Ibnu Asaddudin, selaku Ketua Panitia Hari Besar Islam, dalam laporannya menjelaskan Salat Idul Adha di Banyumas tahun ini dilaksanakan di 1.750 Masjid 299 mushola dan 453 tempat lain.

“Untuk tempat penyembelihan pada Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sebanyak 231, halaman mesjid sebanyak 900, halaman mushola sebanyak 274 dan tempat lainnya sebanyak 167,” terangnya.

Ia juga mengatakan, jumlah hewan qurban pada tahun ini meningkat 15% dari tahun lalu dengan jumlah sapi sebanyak 5464 ekor dan kambing sebanyak 8536 ekor yang tersebar di wilayah Banyumas.

Bupati Husein dalam sambutannya juga mengingatkan kepada masyarakat Banyumas pentingnya berbagi dan peduli kepada sesama, apalagi nantinya daging qurban akan dibagikan kepada yang membutuhkan.

“Tentunya daging yang dibagikan akan memberikan kebahagiaan bagi penerima. Maka dari itu semangat berbagi harus terus terpelihara,” ucapnya.

Bupati juga mengajak Jamaah Salad Idul Adha untuk mendoakan warga masyarakat Banyumas yang menjalankan ibadah haji agar diberi kesehatan, kemudahan sehingga bisa menjalanlan rukun, wajib dan sunah beribadah haji sehingga dapat pulang menjadi haji yang mabrur.

Dalam momentum itu pula, Bupati Husein mengucapkan salam perpisahan, kali terakhir ia melaksanakan solat idul adha dalam masa jabatannya. Pasalnya, 24 September mendatang ia bersama Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono telah usai menunaikan tugas sebagai bupati dan wakil bupayi Banyumas.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Banyumas yang turut serta mendukung kontribusi dan sumbang asih terhadap pembangunan daerah,” pungkasnya.


Kamis, 29 Juni 2023