Beda Ning Rukun, Forum Lintas Iman Banyumas Bantu Kelancaran Salat Idul Adha

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Tolerasi beragama bagi masyarakat Banyumas bukanlah sekedar jargon saja. Wujud dan bentuk rasa toleransi serta persaudaraan antar umat beragama terlihat ditengah-tengah ribuan Umat Islam yang akan melaksanakan salat Idul Adha Kamis 29 Juni 2023 di Convention Hall Putra Sang Fajar Komplek Menara Teratai Purwokerto. Puluhan umat seperti umat Katolik, Protestan, Hindu, Budha, Khonghucu maupun penghayat kepercayaan terlihat turut membantu mengarahkan para jamaah menuju tempat untuk salat Idul Adha.

Mereka berbagi tugas ada yang membawa payung, menunjukan jalan yang tidak becek, menyiapkan plastik untuk sandal dan mengarahkan menuju lokasi salat. Mereka tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Lintas Iman Kabupaten Banyumas. Meski beda iman mereka mengambil langkah konkret dengan melibatkan perwakilan untuk terlibat dalam pengaturan dan pengamanan salat Idul Adha 1444 H.

Agustinus Gudyana salah satu relawan mengatakan, membantu pelaksanaan hari besar keagamaan seperti salat Id, sudah dilakukan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama Banyumas sejak tahun 2013. Hal tersebut sebagai toleransi sesama pemeluk agama yang berketuhanan.

"Kita ini satu kemanusiaan yang meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa. Maka kerja sama, saling membantu, saling menghormati suatu kewajiban bersama," katanya.

Pudjo Hartono dari Gereja Kristen Indonesia Gatot Subroto yang selalu terpanggil untuk menjadi relawan dengan membantu saudara muslim dalam beribadah. Menurutnya bukan sekedar membantu saja, tetapi jauh lebih dalam maknanya adalah rasa kekeluargaan dan kebersamaan untuk mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan dalam terus meningkatkan toleransi kebhinekaan.

“Saya selalu terpanggil untuk membantu saudara yang berumat Islam sebagai partisipasi dalam mewujudkan Banyumas yang aman rukun, dalam merajut toleransi dan merekatkan persaudaraan di tengah keberagaman yang ada di Banyumas," katanya.

Setelah pelaksanaan salat Idul Adha, mereka saling bersalaman dan bertegur sapa kemudian juga foto bersama dengan Bupati Banyumas Achmad Husein.

"Terima kasih atas bantuan dan kerja samanya," kata Bupati Husein sambil menyalami mereka.


Kamis, 29 Juni 2023