Bupati Husein dan Ketua TP-PKK Banyumas Terima Satyalencana Wira Karya di Harganas 2023

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Bupati Banyumas Achmad Husein dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Sulistyawati Achmad Husein mendapat penghargaan kehormatan dari Presiden Republik Indonesia yakni Satyalencana Wira Karya. Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dalam Puncak Peringatan Harganas ke-30 di Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (06/07/23).

Satya Lencana Wira Karya merupakan tanda penghormatan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) kepada warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada negara dan bangsa sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain.

nghargaan ini diberikan kepada Bupati Banyumas Achmad Husein dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Sulistyawati Husein karena dinilai berkomitmen dan berhasil dalam bidang pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana. 

Kepala Bagian Protokol.dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Banyumas Wakhyono mengatakan penghargaan dalam bidang keluarga berencana yang diterima oleh Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas bukan kali pertama. Sebelumnya mereka telah mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana. Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

"Pak Bupati mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana pada Tahun 2016 sementara Ibu Erna mendapatkan tahun 2017. Karena terus berkomitmen, akhirnya Beliau mendapatkan Satyalencana Wira Karya," katanya.

Melalui sambungan telpon Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindingan Anak (DPPKBP3A) Rustin Harwanti mengtakan Bupati Banyumas Achmad Husein beserta Istri Ny Erna Sulistyawati dinilai mempunyai komitmen kuat dan mempunyai inovasi dalam bidang pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga bencana (Banggakencana).

"Beliau Bapak Bupati menjadi Rol Model sebagai Bupati penggerak vasektomi yang dilakukan tahun 2018. Banyumas juga menjadi daerah tercepat dalam pendataan keluarga tahu 2021 dan berhasin melakukan percepatan penurunan stuntin9 pada tahun 2022 sebesar 21.6 menjadi 16,6," jelasnya.

Selain itu juga Bupati Banyumas juga melakukan berbagai upaya dan inovasi seperti pendampingan OPD dan Faskes kepada Kecamatan Se kabupaten Banyumas, menjadi Bapak Asuh Anak stunting dan mempunyai inovasi DASHAT yakni Dapur Sehat Atasi Stunting.


Jumat, 07 Juli 2023