TMMD Kembali Digelar Di Lumbir, Bangun Jalan Grumbul Ciwera-Pangawaren

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 117 Tahun Anggaran 2023 Kodim 0701/Banyumas dibuka oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono di Lapangan Desa Lumbir Kecamatan Lumbir pada hari Rabu,(12/07/23).

Wakil Bupati Sadewo dalam sambutannya mewakili Bupati Banyumas Achmad Banyumas mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD Reguler Ke 117 Tahun Anggaran 2023 khususnya kepada Komandan Kodim 0701/Banyumas berserta jajaranya. Menurutnya TMMD merupakan suatu program terpadu antara TNI, Pemerintah Daerah, Polri, elemen masyarakat yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah.

“Kita ingin masyarakat semakin sejahtera dan mandiri, kita juga ingin masyarakat punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa. Untuk itu upaya tersebut harus di diintegrasikan dalam satu langkah nyata untuk Membangun Desa dan kehidupan masyarakatnya yang makin baik, semakin layak, sehat dan sejahtera lahir maupun batin, ayo kita sengkuyung bareng-bareng program pembangunan yang menyejahterakan masyarakat Desa. Bangun Desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya,” ucapnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T, M. Han mengatakan sebagai bentuk sinergitas antara TNI dengan seluruh elemen masyarakat dan bentuk dukungan TNI kepada Pemerintah demi mewujudkan pemerataan pembangunan, personel Satgas TMMD Reguler ke-117 Kodim 0701/Banyumas beresama komponen masyarakat bangun sejumlah fasilitas umum untuk masyarakat Desa Lumbir Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Fasilitas umum yang dibangun antara lain rabat beton sepanjang 2,832 M x Lebar 2,5 M x Tinggi 0,15 M, pembangunan jembatan 1 titik dengan panjang 5 M x lebar . 4 M  X tinggix3 M, pembangunan talud 1 titik dengan panjang 10 M x Lebar 0,40 M  x Tinggi 2 M, pembangunan drainase air 1 titik dengan panjang 75 M x Lebar 0,40 M x Tinggi 0,50 M, pembangunan plat beton 13 titik yaitu plat beton 9 titik panjang 5 M x Lebar 0,60 M X Tinggi 0,60 M, plat beton 1 titik dengan panjang 5 M x Lebar 0,60 M  x Tinggi 0,80 M dan plat beton 3 titik panjang 5 M x Lebar 1 M  x Tinggi 1 M.

“Selain itu ada juga rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 3 unit bantuan dari dari BAZNAS 1 unit dan bantuan dari BPR BKK 2 Unit. Juga ada sasaran non fisik berupa sosialisasi, penyukuhan dan pelatihan yang diisi oleh Dinas Instansi terkait,” tambahnya.

Kepala Desa Lubir Suwarjo menyambut baik adanya kegiatan TMMD didesanya, diharapkan pembangunan jalan penghubung  Grumbul Ciwera menuju Grumbul Pangawaren akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Diantara jalan tersebut ada lahan pertanian dan perkebunan, dengan adanya pembangunan jalan tersebut masyarakat tidak kesusahan lagi membawa hasil pertanian dan perkebunan,” katanya


Rabu, 12 Juli 2023