Semarakan HUT KE-78 Kemerdekaan Indonesia Bupati Banyumas Bagikan 1.409 Bendera Merah Putih

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Dalam rangka Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan rasa nasionalisme warga negara Republik Indonesia dan cinta kepada tanah air. Menyemarakan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, Bupati Banyumas Achmad Husein menyerahkan secara simbolis Bendera Merah Putih kepada Camat dan Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan di Halaman Pendopo Si Panji Purwokerto, Senin(31/07/23).

Pada kesempatan terserbut Bupati Banyumas Achmad Husein menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada perwakilan camat dan perwakilan ormas di Kabupaten Banyumas. Achmad Husein berharap kegiatan yang dilaksanakan, tidak hanya semata sebagai pemasangan bendera secara simbolik, melainkan diikuti dengan langkah-langkah internalisasi dan disikapi dengan menjunjung tinggi semangat kemerdekaan dan persatuan.

Menurutnya dengan merah putih, Bangsa Indonesia dapat menyatukan segala perbedaan dan menguatkan jalinan persaudaraan. Ia juga meminta kepada Aparatur Sipil Negara atau ASN, untuk tidak hanya memaknai bendera merah putih sebagai simbol saja, melainkan harus mengerti makna dan filosofi di dalamnya.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Banyumas Eko Heru Surono, S,Sos mengatakan pembagian bendera merah putih di Kabupaten Banyumas sendiri didistribusikan kepada kecamatan di daerah perbatasan kabupaten dengan masing-masing  100 buah. Kecamatan penerima yakni Sumpiuh, Tambak, Kemranjen, Somagede, Sokaraja, kembaran, Rawalo, Kebasen, Jatilawang, Wangon, Lumbir,  Pekuncen, Gumelar dan Sumbang. Heru berharap pemasangan bendera merah putih juga harus disikapi dengan rasa menjunjung tinggi makna kemerdekaan, terlebih momentum kemerdekaan RI harus menjadi langkah awal untuk melakukan introspeksi diri untuk terus berubah ke arah yang lebih baik, sehingga mampu tumbuh menjadi karakter dan berkepribadian yang unggul

"Kami telah mengumpulkan sedikitnya 1.409 Bendera Merah Putih yang akan didistribusikan untuk warga di Kecamatan Perbatasan. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Gerakan 10 juta Bendera Merah Putih yang merupakan gerakan dari pemerintah pusat, dalam membagikan bendera kepada masyarakat luas di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya.


Senin, 31 Juli 2023