Calon Paskibraka Kabupaten Banyumas 2023 Mulai Jalani Pusdiklat

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Sebanyak 35 siswa SMA/Sederajat yang terpilih menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Banyumas Tahun 2023 mulai menjalani pemusatan pendidikan dan pelatihan (pusdiklat). Selama kegiatan tersebut, mereka akan dikarantina di Hotel Tiara Purwokerto.

Pembukaan pusdiklat ditandai dengan upacara serta penyematan tanda peserta oleh Sekda Banyumas, Wahyu Budi Saptono kepada perwakilan Paskibraka Banyumas pada Selasa (1/8/2023) malam.

Wahyu Budi Saptono berpesan agar peserta mengikuti kegiatan dengan semangat dan solid sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

“Untuk mengembangkan diri haruslah dari hati. Bulatkan tekad untuk memajukan bangsa, sebab kalian adalah modal dasar yang akan membangun Banyumas di masa mendatang,” ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan dalam pusdiklat ini peserta tidak sekadar berlatih baris-berbaris, tapi juga belajar nilai serta karakter bangsa.

“Sudah saatnya pemuda disadarkan dan ditanamkan semangat nasionalisme dalam diri sebagai benteng melawan sisi negatif globalisasi serta untul menjaga persatuan” jelasnya.

Lebih lanjut, beliau berpesan pada segenap tim pelatih untuk bisa melatih peserta agar menjadi pribadi yang kuat, tangguh, dan bisa menjadi role model yang baik.

Sementara berdasarkan laporan Sekretaris Bakesbangpol Banyumas, Bejo Siswanto, jumlah pendaftar Paskibraka sebanyak 362 dan terpilih 36 siswa. Satu siswa asal SMA Negeri 1 Purwokerto terpilih menjadi Paskibraka Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Seluruh tahap seleksi dilakukan melalui aplikasi, sehingga sangat transparan” pungkasnya.


Rabu, 02 Agustus 2023