35 Anggota Paskibraka Kabupaten Banyumas Dikukuhkan

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS – Menjelang Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 78 tahun, 35 Anggota Pasukan Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kabupaten Banyumas melaksanakan pengukuhan. Pengukuhan diwakilkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bayumas Wahyu Budi Satono di Pendopo Si Panji, pada hari Selasa,(15/08/23).

Prosesi pengukuhan kali ini dilakukan pada sore hari , anggota paskibraka yang dikukuhkan sebelumnya telah melaksanakan seleksi dengan baik, jujur dan adil yang diambil dari perwakilan SMA/SMK/MAN di Kabupaten Banyumas. Prosesi diawali dengan pembacaan pernyataan pengukuhan oleh Sekda Kabuaten Banyuma, dilanjutkan dengan pengucaan Ikrar Putra Indonesia dan dilanjutkan dengan pemasangan pin kepada perwakilan 2 anggota Paskibraka, serta dilanjutkan dengan mencium Bendera Merah Putih sebagai tanda bakti kepada negeri.

Dalam kesempatan ini Sekda Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono mewakili Bupati Banyumas memberikan sambutannya, bahwa prosesi pengukuhan ini harus dihayati dan direnungkandalam sanubari tidak hanya saat melaksanakan Upacara Kenaikan dan Penurunan saat Hari Kemerdekaan, tetapi jiwa nasionalisme yang terbentuk selama pelatihan harus tetap terjaga dalam kehidupan sehari – hari dan memberikan pengaruh yang positif pada rekan – rekan di sekolah, keluarga dan juga lingkungan.

“Kalian (PASKIBRAKA) adalah putra putri terbaik Banyumas yang terpilih maka dari itu, dalam kedisiplinan dan sikap mental harus berkulitas dan lebih baik dari pelajar yang lain serta menjadi tauladan yang ositif bagi keluarga, teman – teman dan lingkungan masing – masing” ucapnya.

Sekda Kabupaten Banyumas juga menambahkan dalam sambutannya, berharap kepada Paskibraka Kabupaten Banyumas membentengi pengaruh – pengaruh negatif dalam pergaulan di generasi muda dan juga tidak lupa mengucakan terimakasih kepada pelatih dan instruktur yang telah mendidik dan melatih 35 anggota Paskibraka serta berterimakasih kepada keluarga yang memberikan dukungan kepada anak – anaknya sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Banyumas.

Usai prosesi, Sekda Kabupaten Banyumas beserta Forkopimda, anggota purna Paskibraka Kabupaten Banyumas serta orang tua/ wali anggota Paskibraka memberikan selamat kepada anggota Paskibraka yang baru saja dikukuhkan.


Rabu, 16 Agustus 2023