Pemkab Banyumas Ikuti Penilaian Interviu Evaluasi SPBE 2023 Dari Kementerian PANRB RI

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Banyumas Drs. Yayah Setiyono, S. MM bersama tim Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menghadiri kegiatan rapat mengenai evaluasi SPBE yang diselenggarakan di Smart Room/Gedung Graha Satria Purwokerto, Jumat (22/09/2023).

Mengawali acara, Tim Asesor yang ditunjuk oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI secara daring menyampaikan tujuan diadakannya interviu mengenai evaluasi SPBE di Kabupaten Banyumas. “Diskusi kali ini kami membutuhkan klarifikasi dari masukan atau jawaban yang telah disubmit oleh teman-teman dari Kabupaten Banyumas. Guna informasi lebih lanjut biasanya kami akan menanyakan bukti-bukti yang dirasa kurang lengkap,” katanya.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Evaluasi yang diadakan oleh PANRB RI ini nantinya akan menghasilkan rekomendasi untuk perbaikan penerapan SPBE di Kabupaten Banyumas.

Melalui sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas melakukan pemaparan mengenai profil dari Kabupaten Banyumas dan menyampaikan bahwa sudah ada 3 regulasi yang mengatur tentang SPBE, yaitu SK Bupati No. 046/31/2023 tentang Arsitektur SPBE Kabupaten Banyumas, lalu PERBUP SPBE No. 37 Tahun 2023 tentang SPBE sebagai pengganti PERBUP No. 46 Tahun 2020, dan juga SK Bupati No. 060/544/2022 tentang tim koordinasi dan tim asesor internal SPBE di lingkungan pemerintah Kabupaten Banyumas.

“Untuk penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE, kita melibatkan seluruh stakeholder OPD yang ada di Kabupaten Banyumas, kita juga melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Jenderal Soedirman yang merupakan Universitas terbesar di Kabupaten Banyumas,” lanjut Sekda Banyumas.

Interviu evaluasi SPBE ini berlanjut disertai diskusi tanya jawab yang dilakukan oleh Tim Asesor PANRB RI dengan Dinas Komunikasi dan Informatika serta OPD yang hadir di dalam rapat. Melalui evaluasi inilah nantinya akan muncul indeks SPBE Kabupaten Banyumas.


Selasa, 26 September 2023