Pj Bupati Banyumas Pantau Harga Komoditas Bahan Pokok di Pasar Manis dan Pasar Wage

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Operasi pasar yang dilakukan oleh PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro dalam rangka mengendalikan inflasi dan menindaklanjuti kenaikan harga dan kelangkaan beras bersama Bank Indonesia, Bulog dan Disperindag Banyumas melakukan operasi pasar beras di 2 lokasi yaitu Pasar Manis dan Pasar Wage pada hari Senin (9/10/23).

Hanung menjelaskan bahwa nantinya akan ada kegiatan kontroling yang dilakukan setiap hari oleh kepala pasar termasuk TNI Polri mengawasi ketersediaan beras.

"Jumlah beras yang disalurkan setiap harinya bertambah dari yang semulanya 20 sak menjadi 25 sak per kios. Setiap 1 sak beras berisi 5kg dan harganya dibuat stabil menjadi Rp10.900,00 untuk kualitas medium dan Rp13.500,00 untuk kualitas premium," ujarnya.

 

Pimpinan Cabang Perum Bulog Banyumas Rasiwan mengatakan pihaknya melakukan penambahan jumlah stok beras agar ketersediaan terjaga sehingga keterjangkauan konsumen pun aman.

“Stok bulog saat ini masih dalam posisi aman yaitu 10.300 ton, sangat sangat cukup untuk menyambut akhir tahun. Stok tersebut juga akan ditambah lagu ujari untuk panen berikutnya," ujar Rasiwan.

Ia menambahkan pihak Bulog akan terus melakukan droping demi menjaga kestabilan harga yang ada di pasar.

"Bulog akan selalu support untuk ketersediaan beras dan komoditi-komiditi lainnya seperti gula, minyak goreng dan terigu. Oleh karena itu, masyarakat Banyumas diharapkan untuk tidak panic buying dan tidak khawatir terkait ketersediaan bahan pangan tersebut," tuturnya.


Senin, 09 Oktober 2023